Comscore Tracker

5 Penyebab Saldo Shopeepay Tidak Masuk, Segera Atasi! 

Pastikan koneksi internet lancar

Shopee menyediakan pilihan metode pembayaran transaksi belanja melalui ShopeePay. Fitur layanan uang elektronik ini dapat dimanfaatkan sebagai  metode pembayaran online di aplikasi Shopee, offline di merchant ShopeePay, dan menyimpan pengembalian dana (e-wallet).

Shopeepay menawarkan kemudahan pembayaran dengan sekali klik sebelum memasukkan pin ShopeePay dan keuntungan berupa voucer gratis ongkos kirim (ongkir) tanpa limit penggunaan.

Meski begitu, seperti halnya aplikasi keuangan pada umumnya, ShopeePay juga sering mengalami kendala, misalnya saldo tidak masuk. Lantas, apa saja penyebab saldo ShopeePay tidak masuk? Yuk, simak penjelasanya di bawah ini.

Baca Juga: 13 Cara Dapat Uang dari YouTube Tanpa Upload Video, Tertarik Mencoba?

1. Kode pembayaran salah

5 Penyebab Saldo Shopeepay Tidak Masuk, Segera Atasi! Kode pembayaran salah sebagai penyebab saldo ShopeePay tidak masuk (canva.com)

Melakukan top up alias transfer saldo ShopeePay dapat dilakukan di merchant Shopee, seperti Indomaret dan Alfamart. Setiap merchant memiliki kode pembayaran berbeda yang bisa kamu temukan dalam menu top up ShopeePay.

Walau terkesan sepele, kesalahan dalam pengetikan kode pembayaran bisa menjadi penyebab saldo ShopeePay tidak masuk. Selain itu, kesalahan ini juga bisa mengakibatkan saldo masuk ke akun ShopeePay orang lain.

2. Server Shopee sedang error

5 Penyebab Saldo Shopeepay Tidak Masuk, Segera Atasi! Server Shopee sedang error sebagai penyebab saldo ShopeePay tidak masuk (canva.com)

Memasukkan kode pembayaran dengan benar tidak menjamin top up saldo ShopeePay berhasil. Nyatanya server atau sistem Shopee yang sedang eror juga bisa memicu kegagalan top up saldo.

Penyebab saldo ShopeePay tidak masuk ini bisa ditengarai oleh server atau sistem aplikasi Shopee yang diperbaiki atau diperbaharui. Selain gagal top up ShopeePay, server yang eror juga menyebabkan transaksi lain tidak berhasil dan aplikasi Shopee tidak dapat diakses. Solusinya, tunggu beberapa saat hingga server selesai diperbaiki atau diperbaharui.

Baca Juga: Cara Membeli Token Listrik melalui  Shopee

3. Koneksi internet terputus

5 Penyebab Saldo Shopeepay Tidak Masuk, Segera Atasi! Koneksi internet terputus sebagai penyebab saldo ShopeePay tidak masuk (canva.com)

Selain melalui merchant Shopee, saldo ShopeePay juga bisa diisi melalui e-banking. Karena bersifat virtual, tentunya proses top up ini hanya bisa diakses menggunakan koneksi internet. Kualitas koneksi internet yang terganggu atau bahkan terputus bisa menjadi penyebab saldo ShopeePay tidak masuk atau pending.

4. Saldo ShopeePay mencapai limit

5 Penyebab Saldo Shopeepay Tidak Masuk, Segera Atasi! Saldo ShopeePay mencapai limit sebagai penyebab saldo ShopeePay tidak masuk (canva.com)

Saldo ShopeePay akan otomatis bertambah saat top up saldo berhasil. Namun, saldo ShopeePay yang mencapai limit akan menjadi penyebab saldo ShopeePay tidak masuk meski telah menerima notifikasi saldo masuk pada halaman riwayat ShopeePay.

Limit saldo ditentukan berdasarkan jenis keanggotaan ShopeePay. Ada dua kategori keanggotaan, yaitu ShopeePay Basic dengan limit Rp2 juta per bulan dan ShopeePay Premium dengan limit hingga Rp20 juta per bulan. Karenanya, tak menutup kemungkinan saldo ShopeePay gagal masuk karena telah mencapai limit maksimum.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee untuk Penjual

5. Bank bermasalah

5 Penyebab Saldo Shopeepay Tidak Masuk, Segera Atasi! Bank bermasalah sebagai penyebab saldo ShopeePay tidak masuk (canva.com)

Ada beberapa pilihan top up ShopeePay yang bisa kamu coba, mulai dari bank, virtual account hingga merchant offline Shopee, seperti Indomaret dan Alfamart.

Meski praktis, top up melalui bank juga rentan mengalami kendala, misalnya server yang eror sehingga muncul notifikasi transfer ShopeePay sedang diproses.

Kendala ini menjadi penyebab saldo Shopee tidak masuk dan status pending pada top up berubah gagal. Alhasil, saldo akan dikembalikan ke akun bank. 

Itulah lima penyebab saldo ShopeePay tidak masuk atau pending. Bila kendala di atas terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan memeriksa kode pembayaran ShopeePay, memastikan koneksi internet lancar, menghapus cache, atau upgrade ke akun ShopeePay Premium.  

Baca Juga: Simak 5 Cara Hasilkan Passive Income Ramah Pemula ala Tokopedia  

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya