Comscore Tracker

Jokowi Senang Ada 7 Perusahaan yang Relokasi ke Indonesia

Relokasi perusahaan untuk menambah lapangan kerja

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku senang lantaran ada tujuh perusahaan yang melakukan relokasi ke Indonesia. Sebelumnya, ketujuh perusahaan asing itu sudah masuk dan akan memindahkan pabriknya ke Tanah Air.

“Saya senang hari ini sudah ada yang masuk tujuh. Sudah pasti ini yang tujuh. Kemudian ada 17 yang memiliki komitmen besar sudah masuk ke 60 persen hampir 100 persen,” kata Jokowi melakukan kunjungan kerja Provinsi Jawa Tengah, yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (30/6).

1. Jokowi minta Kepala BKPM "mengejar" perusahaan asing yang ingin relokasi ke Indonesia

Jokowi Senang Ada 7 Perusahaan yang Relokasi ke IndonesiaIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Jokowi pun menginstruksikan jajaran menteri dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk terus "mengejar" perusahaan-perusahaan asing yang sudah berminat agar jadi merelokasi parbriknya ke Indonesia.

Dengan adanya relokasi industri dari negara lain ke Indonesia tersebut, kata Jokowi, akan memberikan lapangan kerja bagi masyarakat sehingga dapat menstimulus perekonomian.

"Disampaikan fasilitas apa yang ingin kita berikan. Baik urusan lahan, urusan izin, urusan listrik, gas dan lain-lain yang ini akan memberikan sebuah daya saing negara kita dalam rangka mereka mau merelokasi ke Indonesia," ucapnya.

Baca Juga: Donald Trump Pindahkan Pabrik-pabrik AS di Tiongkok ke Brebes

2. Relokasi perusahaan untuk meningkatkan lapangan kerja di Indonesia

Jokowi Senang Ada 7 Perusahaan yang Relokasi ke IndonesiaDok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi lalu memperingatkan jangan sampai apa yang terjadi tahun lalu kembali terulang, di mana terdapat relokasi 33 perusahaan dari Tiongkok tapi Indonesia tidak dilirik. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta Indonesia agar tidak kalah dengan negara lain.

“Sekali lagi, tujuan besarnya adalah membuka lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya kepada warga kita. Saya tidak mau lagi. Tadi ada potensi 119 perusahaan yang akan relokasi dari China keluar, jangan sampai kita tidak mendapatkan perusahaan itu untuk mau masuk ke Indonesia. Jangan kalah dengan negara-negara lain,” tutur Jokowi.

3. Tujuh perusahaan yang relokasi ke Indonesia

Jokowi Senang Ada 7 Perusahaan yang Relokasi ke IndonesiaIlustrasi. IDN Times/Arief Rahmat

Adapun tujuh perusahaan yang memastikan relokasi ke Indonesia, yaitu:

1. PT Meiloon Technology Indonesia
- Relokasi pabrik dari Suzhou, Tiongkok. Pabrik di Taiwan dan Tiongkok merupakan pusat produksi untuk pasar global

2. PT Sagami Indonesia
- Relokasi pabrik dari Shenzen, Tiongkok karena biaya pabrik dan tenaga kerja di Indonesia lebih kompetitif dari Tiongkok

3. PT CDS Asia (Alpan)
- Relokasi pabrik dari Xiamen, Tiongkok karena tarif impor produknya dari Indonesia ke Amerika 0 persen dibanding tarif 25 persen dari Tiongkok ke Amerika

4. PT Kenda Rubber Indonesia
- Relokasi pabrik dari Shenzen, Tiongkok karena peningkatan permintaan pasar di Indonesia

5. Denso, PT Denso Indonesia
- Relokasi pabrik dari Jepang karena memandang Indonesia sebagai lokasi terbaik setelah melakukan riset ke berbagai negara di kawasan ASEAN

6. PT Panasonic Manufacturing Indonesia
- Relokasi dari Tiongkok karena ingin menjadikan Indonesia sebagai pasar basis ekspor bagi beberapa kategori produk home appliances

7. PT LG Electronics Indonesia
- Relokasi dari Korea Selatan dan berencana menjadikan Indonesia sebagai regional hub baru yang menjangkau pasar Asia dan Australia

Selain 7, ada 17 perusahaan yang berniat relokasi ke Indonesia dengan total investasi 37 Miliar US, serapan 112.000 orang. Salah satu perusahaan telah menyatakan komitmennya yaitu LG Chemical dengan nilai investasi 9,8 miliar US, potensi penyerapan kerja 14.000 orang.

Baca Juga: Aice Kucurkan Rp706 Miliar Bangun Pabrik Terbesar se-Asia Tenggara 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya