Comscore Tracker

75 Lokasi Tol Rawan Banjir, Pengelola Diminta Siapkan Ini

Pemerintah bakal panggil para pengusaha tol

Jakarta, IDN Times - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mencatat ada 75 lokasi tol yang rawan banjir. Pihaknya selaku regulator akan mengumpulkan para pengusaha tol, demi mengantisipasi banjir tersebut.

"Kalau seluruh jalan tol di Jawa ini kita punya kira-kira 75 lokasi rawan banjir," kata Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit, dalam konferensi pers yang dikutip, Kamis (6/10/2022).

Dari 75 lokasi rawan banjir, diketahui 9 lokasi mengalami banjir pada tahun lalu. Semuanya diakibatkan oleh limpasan air sungai yang meluap saat terjadi hujan.

Baca Juga: Kementerian PUPR Ungkap Biang Kerok Tol BSD Kena Banjir

1. Pemerintah akan kumpulkan pengusaha tol

75 Lokasi Tol Rawan Banjir, Pengelola Diminta Siapkan IniIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Danang menjelaskan, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR akan mengumpulkan para pengusaha tol untuk membicarakan antisipasi banjir, menindaklanjuti terjadinya banjir di Tol Pondok Aren-Serpong baru-baru ini.

"Kita pasti akan juga bicara mengenai bagaimana kondisi jalan tol dan antisipasinya terhadap banjir. Nah, hari Jumat yang akan datang Pak Dirjen (Bina Marga) akan mengumpulkan seluruh para pengusaha jalan tol," ujarnya.

Para pengusaha tol diharapkan sudah menyiapkan tindakan darurat pada saat terjadi limpasan air hujan ke jalan bebas hambatan. Menurutnya, langkah antisipasi harus disiapkan.

2. Ada 76 pompa yang bisa digunakan untuk titik rawan

75 Lokasi Tol Rawan Banjir, Pengelola Diminta Siapkan IniIlustrasi jalan Tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Untuk kesiapsiagaan, lanjut Danang, seluruh pengusaha jalan tol jika ditotal memiliki armada pompa air sebanyak 76 unit untuk mengurus limpasan air yang masuk ke tol.

"Sehingga harapan kita di antara mereka itu bisa saling kerja sama untuk bisa secepatnya, tapi dengan catatan memang ada tempat yang bisa digunakan untuk membuang limpasan air yang masuk ke jalan tol," ujarnya.

3. Banjir di Tol Pondok Aren-Serpong diharapkan tak terulang

75 Lokasi Tol Rawan Banjir, Pengelola Diminta Siapkan IniBanjir di ruas Tol Pondok Aren - Serpong, Tangsel (ANTARA FOTO/Fauzan)

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian, menjelaskan beberapa pekerjaan yang dilakukan untuk mencegah banjir di tol BSD terulang kembali.

Pertama adalah mengganti Box Culvert (2x4,5 meter) yang melewati Tol Pondok Aren-Serpong menjadi jembatan bentang selebar 20 meter. Hal lainnya yang dilakukan adalah meninggikan jalan tol setinggi 2 meter. Kemudian, juga dibangun kolam retensi sisi jalan tol arah Jakarta dengan luas kolam sekitar 3.850 meter persegi.

Progress pekerjaan hingga September telah mencapai 31,89 persen. Pekerjaan peninggian arah Jakarta ditargetkan selesai akhir Desember 2022. Sedangkan pekerjaan peninggian arah BSD selesai Mei 2023.

"Jadi insyaAllah kalau ini berjalan dengan baik, paling tidak jalan tol kita cukup aman dilalui lalu lintas setelah bulan Mei tahun depan. Jadi musim hujan berikutnya insyaAllah bisa kering," tambah Hedy.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya