Comscore Tracker

Harga Pertamax Bakal Naik November? Ini Kata Pertamina

Harga Pertamax series bulan ini alami penurunan

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina (Persero) saat ini sedang memantau perkembangan berbagai indikator untuk menentukan apakah akan dilakukan penyesuaian harga jenis bahan bakar minyak (BBM) umum atau JBU pada November 2022.

Indikator yang dipertimbangkan untuk menyesuaikan harga BBM nonsubsidi adalah perkembangan harga minyak, nilai tukar, dan MOPS. MOPS adalah tren harga rata-rata publikasi minyak.

"Sedang kita monitor tren harga minyak, MOPS dan kurs ya," kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting kepada IDN Times, Senin (31/10/2022).

Baca Juga: Siap-siap! Harga Pertamax cs Diprediksi Naik Bulan Depan

1. Pengamat perkirakan harga BBM nonsubsidi bisa naik

Harga Pertamax Bakal Naik November? Ini Kata PertaminaIlustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Direktur Executive Energy Watch, Mamit Setiawan memperkirakan harga BBM nonsubsidi naik pada bulan depan. Hal itu mungkin saja terjadi imbas OPEC+ memangkas produksi minyak mentah mereka.

Dia menilai dampak keputusan OPEC+ akan cukup signifikan bagi Indonesia. Sebab, Indonesia adalah net importir. Sederhananya, negara ini memiliki ketergantungan yang cukup besar terhadap impor dalam memenuhi kebutuhan BBM di dalam negeri.

OPEC+ memangkas produksi minyak mentah sebagai upaya mereka untuk menjaga harga minyak tetap bertahan pada level yang cukup tinggi. Dengan kondisi rupiah yang terus tertekan atas mata uang dolar Amerika Serikat (AS), dan harga minyak tinggi maka berdampak terhadap biaya produksi BBM.

Oleh karenanya, Mamit meyakini jenis BBM umum (JBU), yakni Pertamax series pasti akan mengalami penyesuaian harga lantaran produk energi ini tidak disubsidi dan dikompensasi pemerintah.

"Dengan formula sesuai dengan Kepmen ESDM 62/2020 maka pada akhir bulan mereka akan kembali melakukan evaluasi harga BBM. Kemungkinan saya kira akan ada kenaikan BBM umum pada bulan depan," tuturnya.

Baca Juga: Harga Pertamax Turun, Ini Daftar Harga BBM Terbaru 

2. Harga Pertamax Series turun pada Oktober

Harga Pertamax Bakal Naik November? Ini Kata PertaminaSPBU Pertamina (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Pertamina Patra Niaga melakukan penyesuaian harga BBM nonsubsidi, yakni Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Perta Dex pada Oktober 2022. Saat itu Irto mengatakan harga BBM nonsubsidi akan terus disesuaikan mengikuti MOPS.

“Berdasarkan perhitungan, pada periode September lalu untuk produk gasoline (bensin) yakni Pertamax Series mengalami penyesuaian turun harga, sedangkan untuk produk gasoil (diesel) Dexlite dan Perta Dex penyesuaiannya naik harga. Seluruh penyesuaian harga berlaku mulai tanggal 1 Oktober,” kata Irto dalam siaran pers, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: Harga Pertamax Turbo Turun Mulai Besok, Kuy Cek!

3. Harga Pertamax Series terkini

Harga Pertamax Bakal Naik November? Ini Kata PertaminaIlustrasi pengisian BBM. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Pada Oktober, Pertamax Turbo (RON 98) dilakukan penyesuaian harga menjadi Rp14.950 per liter, Pertamax (RON 92) menjadi Rp13.900. Harga ini berlaku untuk provinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen seperti di wilayah DKI Jakarta.

“Seluruh harga baru ini sudah sesuai dengan penetapan harga yang diatur dalam Kepmen ESDM Nomor 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidi. Pertamina juga terus berkomitmen untuk menyediakan produk dengan kualitas yang terjamin dengan harga yang kompetitif diseluruh wilayah Indonesia,” kata Irto.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya