Comscore Tracker

Kapan BSU 2022 Cair? Kemnaker Akhirnya Blak-blakan Buka Suara

Aturan penyaluran BSU 2022 masih dibahas dan diharmonisasi

Jakarta, IDN TImes - Hingga kini pemerintah belum menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji 2022. Sebab, regulasi atau payung hukumnya masih digodok oleh pemerintah sehingga BSU dengan nominal Rp1 juta per penerima itu belum bisa disalurkan.

Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan, Chairul Fadhly Harahap, mengatakan regulasi tentang BSU 2022 masih dalam proses pembahasan dan harmonisasi.

"Sekarang regulasinya saja tentang aturan atau persyaratan ini masih dalam hal pembahasan dan harmonisasi, karena Kementerian Ketenagakerjaan tentunya tidak bisa membuat regulasi sendiri, kan ada kementerian terkait, BPJS Ketenagakerjaan, Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM dan lainnya," kata dia kepada IDN Times, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga: Subsidi Gaji Rp1 Juta Khusus untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan

1. Pemerintah ingin pastikan program BSU tepat sasaran

Kapan BSU 2022 Cair? Kemnaker Akhirnya Blak-blakan Buka Suarailustrasi upah (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia menjelaskan bahwa pemerintah juga sedang berusaha memastikan agar program BSU tepat sasaran, mengingat sudah banyak perubahan yang terjadi mengenai pandemik COVID-19 di Indonesia belakangan ini, di mana kondisinya sudah semakin membaik.

"Kalau masyarakat ingin tahu kapan akan dicairkan, jujur kalau semua komponen dan tahapan telah terlampaui itu akan segera digelontorkan. Cuma kan ada hal yang memang harus kita lampaui satu per satu untuk tahapan demi tahapan secara regulasi, bicara sasaran, bicara kepesertaan, bicara yang berhak. Itu kan banyak sekali poinnya yang harus kita bahas dan kita diskusikan," jelas Chairul.

2. Pemerintah tak mau ada kesalahan prosedur penyaluran BSU

Kapan BSU 2022 Cair? Kemnaker Akhirnya Blak-blakan Buka SuaraIlustrasi aktivitas perbankan secara digital (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Dia mengatakan bahwa Kemnaker tidak ingin ada kesalahan dalam pelaksanaan program BSU karena pemerintah mau melayani masyarakat, sebagaimana tugas dan fungsi kementerian tersebut.

Terlebih, banyak kementerian atau lembaga terkait yang terlibat dalam menggodok program BSU, termasuk melibatkan BPJS Ketenagakerjaan hingga bank BUMN yang meliputi BRI, BNI, Mandiri dan BTN.

"Tapi intinya itu bukan menjadi suatu masalah yang menjadi suatu kekhawatiran masyarakat, tapi itu menjadi suatu hal yang memang dalam bertata negara itu kita harus lalui prosedur-prosedur yang jelas, gitu lho dan konkret," terangnya.

3. Pemerintah siapkan anggaran Rp8,8 triliun

Kapan BSU 2022 Cair? Kemnaker Akhirnya Blak-blakan Buka SuaraIDN Times/Arief Rahmat

Pemerintah sebelumnya mengatakan akan menyiapkan anggaran Rp8,8 triliun
untuk program BSU. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan pihaknya akan menyiapkan alokasinya dari APBN.

"Dari Kemenkeu akan menyiapkan dari sisi APBN-nya," ucap Sri Mulyani dalam konferensi pers usai rapat terbatas (ratas) di Istana Kepresidenan yang ditayangkan virtual, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga: Asyik, 8,8 Juta Pekerja Bakal Dapat Subsidi Gaji Rp1 Juta

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya