Comscore Tracker

Pemerintah Jamin Tol BSD Tak Banjir Lagi Mulai Tahun Depan 

Upaya mencegah banjir sedang dilakukan

Jakarta, IDN Times - Banjir yang terjadi di tol BSD diharapkan tak lagi terulang. Untuk itu, kini tengah dilakukan pekerjaan konstruksi guna mencegah banjir di jalan bebas hambatan tersebut, tepatnya pada ruas Tol Pondok Aren-Serpong.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hedy Rahadian, menjelaskan beberapa pekerjaan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir di tol BSD. Pertama adalah mengganti Box Culvert (2x4,5 meter) yang melewati Tol Pondok Aren-Serpong menjadi jembatan bentang selebar 20 meter.

"Jadi ini nanti Box Culvert ini akan kita ganti dengan jembatan ya, yang sekarang Box Culvert itu lebarnya 9 meter nanti kita akan ganti dengan jembatan selebar 20 meter sehingga memberikan keleluasaan untuk crossing aliran Sungai Cibenda," katanya dalam konferensi pers di Kantor Kementerian PUPR, Rabu (5/10/2022).

1. Dilakukan peninggian jalan hingga 2 meter

Pemerintah Jamin Tol BSD Tak Banjir Lagi Mulai Tahun Depan Ilustrasi jalan Tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Hal lainnya yang dilakukan adalah meninggikan jalan tol setinggi 2 meter. Jadi, andai kata terjadi banjir setinggi di bawah 2 meter tidak akan merendam jalan tol.

"Sebelumnya (genangan) paling tinggi sekitar 90 cm, 80-90 cm. Jadi dengan 2 meter itu kita punya margin yang cukup untuk mengamankan jalur jalan kita untuk dapat dilalui lalu lintas secara aman," ujar Hedy.

Baca Juga: Banjir hingga ke Tol BSD, Pemkot Tangsel Keruk Kali

2. Membuat kolam retensi untuk menampung air

Pemerintah Jamin Tol BSD Tak Banjir Lagi Mulai Tahun Depan Banjir di ruas Tol Pondok Aren-Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, Selasa (4/10/2022) ( ANTARA FOTO/Fauzan)

Kemudian, akan dibangun kolam retensi sisi jalan tol arah Jakarta dengan luas kolam sekitar 3.850 meter persegi, dengan kedalaman rata-rata daya tampungnya sekitar 2 meter.

"Kalau katakanlah banjirnya 50 cm, kalau secara simpel ini kira-kira bisa mengeringkan sekitar 1,5 hektare genangan. Jadi memang bersifat sangat lokal ini untuk membantu mengembalikan fungsi water retention (tampungan air) di daerah tersebut yang memang dulu awalnya itu adalah daerah yang sifatnya penahan-penahan air dalam bentuk situ-situ," jelasnya.

3. Tol BSD tidak banjir lagi di tahun depan

Pemerintah Jamin Tol BSD Tak Banjir Lagi Mulai Tahun Depan Ilustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Progress pekerjaan hingga September telah mencapai 31,89 persen. Pekerjaan peninggian arah Jakarta ditargetkan selesai akhir Desember 2022. Sedangkan pekerjaan peninggian arah BSD selesai Mei 2023 .

Kegiatan penggantian box culvert menjadi jembatan dilakukan bersamaan dengan peninggian jalan tol.

"Jadi Insyaallah kalau ini berjalan dengan baik paling tidak jalan tol kita cukup aman dilalui lalu lintas setelah bulan Mei tahun depan. Jadi musim hujan berikutnya Insyaallah bisa kering," tambah Hedy.

Baca Juga: Kementerian PUPR Ungkap Biang Kerok Tol BSD Kena Banjir

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya