Comscore Tracker

Sandiaga Optimistis Ekonomi Kreatif Indonesia Bisa Susul Korsel

Indonesia berada di posisi tiga dunia, mendekati Korsel

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, membanggakan kinerja ekonomi kreatif Indonesia yang mulai menonjol. Indonesia menempati peringkat tiga dunia, dilihat dari kontribusi ekonomi kreatif terhadap produk domestik bruto (PDB) negara. Indonesia cuma kalah dari Korea Selatan (posisi dua) dan Amerika Serikat (posisi tiga).

"Ekonomi kreatif kita udah nomor tiga, bukan di ASEAN tapi dunia dari segi kontribusi terhadap GDP (PDB)," kata Sandi di panggung Visionary Leaders dalam Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022 by IDN Times, di Tribrata, Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022).

AS menempati peringkat satu dengan Holywood dan industri musiknya. Kemudian Korsel menempati peringkat kedua dengan industri K-Pop, mulai dari drakor hingga grup vokal boyband dan girlband.

Tapi, Sandiaga optimis kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB Indonesia yang saat ini sebesar 7,5 persen, dapat terus meningkat setidaknya mendekati angka sembilan persen.

"Kalau millennials setuju dan gen-z sepakat untuk terus mendorong ini, kita bisa mendekati angka sembilan persen. Kita bisa menyalip Korea," ujar Sandi.

Hari ini Sandiaga menjadi pembicaraan dalam acara IMGS di depan ratusan audiens. Dia membagikan sejumlah hal soal bagaimana peran penting millennial nantinya di masa-masa yang akan datang. Dia hadir dalam diskusi bertajuk Strategic Outlook on Indonesia Digital Economy.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan tiga stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Sandiaga: Untuk Memajukan Ekonomi Digital Izin Jangan Dipersulit

Topic:

  • Satria Permana
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya