Comscore Tracker

Tolak Kenaikan Cukai Rokok, Petani Tembakau Geruduk Kantor Sri Mulyani

Sekitar 1.300 orang ikut unjuk rasa

Jakarta, IDN Times - Ratusan petani tembakau yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Temanggung mendatangi kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Jakarta Pusat.

Pantauan IDN Times pada pukul 08.55 WIB, para petani tembakau menggelar aksi unjuk rasa untuk meminta pemerintah meninjau ulang kebijakan kenaikan cukai hasil tembakau pada 2023.

Petani tembakau yang melakukan demo hari ini berharap Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersedia menemui langsung demonstran untuk mendengarkan aspirasi mereka.

"Kita bermaksud datang ke sini agar ibu menteri mendengarkan langsung tidak berdasarkan data, tidak berdasarkan laporan tetapi menemui perwakilan kami sehingga mengerti benar apa yang terjadi dengan kebijakan menaikkan cukai," kata orator unjuk rasa, Senin (28/11/2022).

Sebelumnya, Pengurus APTI Jateng M Yamuhadi selaku petani tembakau menegaskan menolak kenaikan cukai rokok yang berlaku mulai Januari 2023.

"Bahwa kami memang untuk saat ini akan menolak kenaikan cukai karena imbasnya pada pembelian bahan baku yang ada di lokal," katanya di Temanggung, Minggu, 27 November 2022.

Dia mengatakan petani dari Jawa Tengah yang berangkat ke Kementerian Keuangan sekitar 1.300 orang. Ratusan petani tembakau Temanggung berkumpul di Balai Desa Gondang Winangun, kemudian berangkat dari Terminal Ngadirejo ke Jakarta dengan mengendarai 23 bus.

"Kami akan silaturahmi ke Kementerian Keuangan, di sana kami akan menyuarakan bahwa kami melakukan penolakan terkait dengan dengan kenaikan cukai," kata dia dilansir kantor berita ANTARA.

Baca Juga: Tolak Kenaikan Cukai, 1.300 Petani Tembakau Mau Demo di Kemenkeu Senin

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya