Comscore Tracker

Rupiah Kamis Sore Ditutup Menguat ke Rp16.305

Menguat 195 poin dibandingkan Selasa sore

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar rupiah di pasar antarbank Jakarta, Kamis sore (26/3) seperti yang ditunjukkan data RTI menguat 195 poin ke posisi Rp16.305 dibandingkan posisi penutupan Selasa di angka Rp16.500 per dolar AS.

Tak hanya karena dolar yang tak bertenaga setelah stimulus besar-besaran dari pemerintah AS di tengah wabah virus corona. Dan, The Federal Reserve mengumumkan serangkaian program stimulus moneter baru untuk membendung kemunduran ekonomi akibat dampak wabah virus corona.

Bahkan The Fed membeli obligasi korporasi, talangan pinjaman langsung kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan, serta rencana pemberian kredit untuk UKM di Amerika Serikat. The Fed juga menyatakan akan meningkatkan pembelian sekuritas sebesar yang dibutuhkan untuk menstabilkan pasar keuangan.

Tetapi juga karena stimulus yang dikeluarkan pemerintah Indonesia, seperti penundaan cicilan dan pemberian 'gaji' untuk pekerja informal dan non informal, juga empat insentif bagi wajib pajak yang akan mulai berlaku 1 April 2020, sehingga pasar mendapat energi baru.

Baca Juga: Rupiah Menguat, Bank-bank Tak Lagi Jual Dolar AS di Atas Rp17.000

1. Wabah virus corona masih menghantui pelaku pasar

Rupiah Kamis Sore Ditutup Menguat ke Rp16.305Ilustrasi Dollar (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Kepala Riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Kamis, mengatakan pasar keuangan masih menunggu berita baik persetujuan stimulus pemerintah AS yang belum disepakati di Kongres AS.

"Bila disetujui, ini akan memicu penguatan harga aset berisiko hari ini, termasuk rupiah," ujar Ariston dikutip dari Antara.

Meski begitu pasar keuangan masih mengkhawatirkan penyebaran wabah COVID-19 yang bisa memperlambat pertumbuhan ekonomi global.

2. JISDOR turun jadi Rp16.328 per dolar AS

Rupiah Kamis Sore Ditutup Menguat ke Rp16.305Ilustrasi rupiah (ANTARA FOTO)

Seiring penguatan rupiah, Bank Indonesia sendiri hari ini dari pantauan IDN Times menetapkan kurs transaksi Rp16.246 (beli) dan jual RpRp16.409 per dolar AS. Adapun kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) ditetapkan sebesar Rp16.328 per dolar AS.

Sementara bank-bank nasional dolar AS dijual jauh lebih rendah dibandingkan awal pekan yang sempat menyentuh Rp17.000. Hari ini di bank-bank, paling rendah dolar AS dijual di harga Rp16.500. Sedangkan paling mahal di angka Rp16.960.

3. Angka orang yang terinfeksi virus corona mencapai 480.466

Rupiah Kamis Sore Ditutup Menguat ke Rp16.305Infografis social distancing virus corona (IDN Times/Arief Rahmat

Saat ini, Kamis, data yang ditampilkan Johns Hopkins University pukul 18.00  WIB menunjukkan hampir setengah juta orang di dunia terinfeksi virus corona. Angkanya mencapai 480.466, di mana China, Italia dan Amerika Serikat menduduki tiga posisi besar penyebaran virus ini.

Dari data tersebut sebanyak 21.571 orang meninggal dunia dan 115.850 berhasil disembuhkan. Virus ini tercatat menyebar di 175 negara di dunia.

Sementara Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Birus Corona atau COVID-19 Achmad Yurianto melaporkan, jumlah pasien positif virus corona di Indonesia telah menyentuh angka 893 kasus per Kamis (26/3). Jumlah tersebut naik dari data sebelumnya yaitu 790 kasus.

Sedangkan jumlah korban meninggal akibat virus corona bertambah 20 orang menjadi 76 orang dibandingkan data sehari sebelumnya menyebutkan jumlah pasien meninggal sebanyak 58 orang.

Baca Juga: Rupiah Melemah Akibat Virus Corona, Berdampak ke Millennial

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya