Comscore Tracker

Belanja Turis Asing di RI Makin Naik, Sandiaga Happy 

Ada peningkatan sekitar 20 persen

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno membeberkan rata-rata kualitas belanja (average spending per arrival) wisatawan mancanegara (wisman) atau turis asing saat berbelaja di Indonesia makin meningkat.

Dia mengatakan, ada peningkatan sekitar 20 persen dari jumlah uang yang biasa dihabiskan turis asing selama berlibur di Indonesia.

"Belanja yang biasa ditargetkan 1.000 dolar AS sekarang sudah mengarah naik 20 persen sampai 1.200 dolar AS," kata Sandiaga dikutip dari keterangan resmi, Senin (26/9/2022).

Baca Juga: Pariwisata Pulih! Bali Terima Hampir 6 Ribu Turis Asing dalam Sehari 

1. Turis asing makin 'betah' berlibur di RI

Belanja Turis Asing di RI Makin Naik, Sandiaga Happy Panorama Pulau Samosir dilihat dari Toba dari The Kaldera Toba Nomadic Escape, Toba Samosir (IDN Times/Prayugo Utomo)

Selain itu, Kemenparekraf juga mencatat jumlah kunjungan turis asing ke Indonesia kini stabil di angka 10 ribu sampai 15 ribu turis per hari.

Dalam kunjungan ini, lama kunjungan (length of stay) turis asing juga sudah meningkat. Menurut Sandiaga, hal tersebut menunjukkan target pariwisata Indonesia menuju pariwisata yang berkualitas berjalan dengan baik.

"Jadi kebangkitan bukan hanya melihat angka-angka tetapi juga kualitasnya. Yang kita sudah catat, sebelumnya (length of stay) di bawah 3 hari namun sekarang sudah menuju 3 sampai 4 hari," tutur dia.

Baca Juga: RI-Arab Saudi 'Putar Otak' Bangun Pariwisata Berkelanjutan

2. Organisasi Pariwisata Dunia nilai RI mampu tangani dampak COVID-19 di sektor pariwisata

Belanja Turis Asing di RI Makin Naik, Sandiaga Happy Ilustrasi Protokol Kesehatan di era pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Atas berbagai faktor di atas, Organisasi Pariwisata Dunia atau World Tourism Organization (UNWTO) menilai Indonesia berhasil menangani dampak pandemik COVID-19 pada sektor pariwisata.

"(UNWTO menilai) Kita berhasil menangani pandemi dan juga mendorong kebangkitan pariwisata. Di mana kita berharap (target kunjungan) 1,8 sampai 3,6 juta wisatawan mancanegara pada tahun ini," kata Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan Indonesia juga dinilai berhasil dalam meningkatkan daya saing pariwisata di level dunia. Berdasarkan laporan Travel Tourism and Development Index (TTDI) yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF) Indonesia naik 12 peringkat ke posisi 32 dunia. Indonesia berhasil mengungguli negara-negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Melonjak, Sandi Klaim Jumlah Turis Malah Naik

3. UNWTO sebut peluang Indonesia jadi tujuan wisata kebugaran

Belanja Turis Asing di RI Makin Naik, Sandiaga Happy Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno bertemu dengan Sekretaris Jenderal UNWTO, Zurab Pololikashvili di Bali, Minggu (25/9/2022). (dok. Kemenparekraf)

Penilaian UNWTO itu disampaikan dalam pertemuan antara Sandiaga dengan Sekretaris Jenderal UNWTO, Zurab Pololikashvili, Minggu (25/9/2022) kemarin, di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Bali.

Dalam pertemuan itu, UNWTO juga menganggap Indonesia bisa membawa kepemimpinan dari segi wisata berbasis kebugaran (wellness) dan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

"Misi kita jelas untuk kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif berbasis ekonomi yang berkeadilan, berbasis masyarakat, sehingga membawa pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Tadi UNWTO juga menggarisbawahi untuk kemungkinan forum investasi besar pariwisata dunia juga akan dibawa ke Indonesia tahun depan, juga wellness tourism," kata Sandiaga.

Sandiaga juga membeberkan bahwa program Desa Wisata mendapat apresiasi UNWTO, bahkan dijadikan sebagai insiprasi bagi negara-negara lain.

"Ini juga yang tadi disampaikan dalam pertemuan dengan Sekjen UNWTO. Keberhasilan Indonesia menjuarai desa wisata ini menginspirasi banyak negara untuk mengembangkan potensi-potensi rural tourism atau desa wisata di masing-masing destinasi," ujar Sandiaga.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya