Comscore Tracker

Harga Daging Naik, Pedagang Curhat ke Zulhas Sepi Pembeli 

Pedagang terpaksa menjual dengan harga modal

Jakarta, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas mengunjungi Pasar Klender SS, Jakarta Timur untuk meninjau pergerakan harga pangan pokok.

Saat mengunjungi gerai daging sapi di pasar tersebut, seorang pedagang yang bernama Ruyat mengungkapkan keluh kesahnya kepada Zulhas. Ruyat mengatakan sudah 5 bulan gerainya sepi pembeli. Hal itu diakibatkan harga daging sapi yang melonjak tajam.

"Yang belanja, jauh. Tidak dari penyakit (mulut dan kuku) ini saja. Dari kemarin sudah merosot jauh, daya belinya turun benar karena harganya mahal," kata Ruyat kepada Zulas di Pasar Klender SS, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga: Zulhas Pede Harga Minyak Goreng Stabil dalam 2 Minggu 

1. Pedagang terpaksa jual daging dengan harga modal

Harga Daging Naik, Pedagang Curhat ke Zulhas Sepi Pembeli Ruyat, pedagang daging sapi di Pasar Klender, Jakarta Timur. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Lebih lanjut, Ruyat mengatakan selama ini dia membeli daging dari pemasok seharga Rp150 ribu per kilogram (kg). Namun, dia terpaksa menjual dagingnya di pasar dengan harga modal, karena jumlah pembeli sudah merosot drastis.

"Harganya dari sana sudah Rp150 ribu per kg. Ke konsumen sebenarnya mau jual Rp160 ribu - 170 ribu per kg. Tapi daya belinya gak kuat. Sekarang modalnya saja kita jual," kata Ruyat.

Baca Juga: Lonjakan Harga Komoditas Jadi Berkah buat Ekspor tapi Picu Inflasi

2. Wabah PMK bikin penjualan daging sapi makin merosot

Harga Daging Naik, Pedagang Curhat ke Zulhas Sepi Pembeli ilustrasi daging sapi (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Terlebih lagi, sekitar 1 bulan terakhir, di mana terjadi penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), membuat penjualan daging makin turun.

"(PMK) tambang pengaruh. Tapi sebagian besar karena harga," kata Ruyat.

Baca Juga: Janji Turunkan Harga Migor Curah, Zulhas: Insyaallah Ada Solusi

3. Harga daging sapi di sejumlah pasar di Jakarta tembus Rp160 ribu per kg

Harga Daging Naik, Pedagang Curhat ke Zulhas Sepi Pembeli Ilustrasi pedagang daging sapi.ANTARA FOTO/Arnas Padda

Berdasarkan data Info Pangan Jakarta, harga daging sapi di Pasar Jatinegara, tembus Rp165 ribu per kg.

Kemudian, di Pasar Senen Blok III-IV, Pasar Baru Metro Atom, Pasar Tebet Barat, Pasar Pondok Labu, Pasar Kelapa Gading, Pasar Pademangan Timur, Pasar Pluit, dan Pasar Rawamangun tembus Rp160 ribu per kg.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya