Comscore Tracker

Hindari Kena Pajak Karbon, Arifin Tasrif Ajak Industri Transisi Energi

Arifin Tasrif jadi pembicara di IMGS 2022 by IDN Times

Jakarta, IDN Times - Menteri ESDM Arifin Tasrif, mengajak pelaku industri segera berpartisipasi dalam program transisi energi. Hal itu diperlukan untuk mengurangi emisi karbon dari aktivitas produksi, sehingga produk yang dihasilkan tak terbebani pajak karbon.

"Kalau kita tidak mengantisipasi ini, produk-produk yang kita hasilkan dan biasa diekspor ke mancanegara, kalau diberlakukan sistem perpajakan karbon ini akan memberikan tekanan yang sangat besar," kata Arifin dalam acara Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) 2022 by IDN Times di panggung Visionary Leaders, di The Tribrata, Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Pajak karbon sendiri memang belum diterapkan di Indonesia, namun sudah menjadi fokus pembahasan antara negara-negara yang menjalankan komitmen Perjanjian Paris (Paris Agreement).

Arifin mengatakan, jika pajak karbon diberlakukan, produk-produk yang menghasilkan banyak emisi karbon kurang bersaing di pasar global.

"Mengurangi margin, mengurangi competitiveness," ujar dia.

Jika hal itu terjadi, maka industrinya akan terdampak, begitu juga dengan tenaga kerjanya. "Kalau gak laku, industri tutup, tenaga kerja bisa (terdampak)," ujar Arifin.

Oleh sebab itu, dia mengajak pelaku industri mulai menyicil langkah-langkah transisi energi. Dia membeberkan, negara-negara lain sudah mulai menjalankan misi tersebut.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Arifin Tasrif Ungkap Dampak Ngeri Jika Bumi Makin Panas

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya