Comscore Tracker

OGWE, Platform Pemberdayaan Perempuan dalam Bisnis Jebolan B20 RI 

OGWE fokus hal-hal yang krusial bagi pertumbuhan bisnis.

Jakarta, IDN Times - Pemberdayaan perempuan dalam bisnis perlu ditingkatkan, demi cita-cita kesetaraan gender. Presidensi G20 Indonesia melalui B20 meluncurkan platform One Global Women Empowerment (OGWE) untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

"Jadi makanya kita punya satu peningkatan bagaimana mengakselerasi untuk women, terutama untuk women led-business," kata CEO Sintesa Group sekaligus Chair B20 Indonesia, Shinta Widjaja Kamdani, dalam Talkshow Strategic Outlook on Indonesia Digital Economy di acara Indonesia Millennial and Gen Z Summit stage Visionary Leaders by IDN Times, di The Tribrata, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

OGWE fokus hal-hal yang sangat krusial bagi pertumbuhan bisnis, seperti perkembangan digitalisasi pebisnis perempuan, berbagi pengetahuan, pembiayaan dan investasi, dukungan teknis, dan juga regulasi yang suportif.

"Jadi perempuan-perempuan UMKM, itu perlu meningkatkan kapasitas dari segi digitalisasi. Termasuk aspek market access mereka, dan lain-lain, jadi ini hasil yang memang perlu ada. Tapi kita juga melihat bahwa women led-business itu memerlukan sourcing dan investment," ucap Shinta.

OGWE bertujuan memberikan dukungan terintegrasi bagi pebisnis perempuan. Sebab, selama ini banyak program atau inisiatif pemberdayaan perempuan, namun tak terintegrasi.

"Perusahaan besar banyak yang jalan sendiri-sendiri. Punya mobilisasi untuk mendukung program-program gender maupun digitalisasi yang perempuan itu besar, banyak, tapi semua jalan sendiri-sendiri. Nah ini yang perlu kita buat integrasi di mana mereka itu kemudian di matching-kan dengan organisasi-organisasi yang mendukung women led-business," tutur dia.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan sekitar 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Komnas Perempuan: Penyiksaan Seksual Tahanan Perempuan Harus Berakhir

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya