Comscore Tracker

RI Mesti Rogoh Lebih dari Rp1 Triliun per Hari buat Impor BBM

Arifin Tasrif jadi pembicara di IMGS 2022 by IDN Times

Jakarta, IDN Times - Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan dalam sehari, pemakaian bahan bakar minyak (BBM) mencapai 700 ribu barel per hari. 

Saat harga minyak mentah dunia menyentuh lebih dari 100 dolar Amerika Serikat (AS) per barel, Indonesia harus mengeluarkan 100 juta dolar AS per hari atau lebih dari Rp1 triliun per hari.

Adapun kebutuhan tersebut diperhitungkan dari jumlah kendaran bermotor di Indonesia sebanyak 150 juta unit, di mana 120 juta merupakan sepeda motor yang memakai BBM sekitar 0,75 liter per hari.

"Jadi kalau kemarin harga minyak 100 dolar AS per barel, ya kita bahkan 100 juta dolar AS sehari," tutur Arifin.

Untuk menekan pengeluaran impor BBM, Arifin mengajak masyarakat, terutama pengguna sepeda motor mulai melakukan efisiensi energi. Caranya dengan mengurangi penggunaan BBM per hari.

"Bisa gak yang 3/4 liter ini, 0,75 liter kita jadikan 0,6 liter saja deh sehari. Nah ini tentu saja amat sangat membantu. Kenapa? Kita impor. Sumber minyak mentah kita turun. Karena sumur-sumur kita sumur-sumur tua," ucap Arifin.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Arifin Tasrif Ungkap Dampak Ngeri Jika Bumi Makin Panas

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya