Comscore Tracker

Tips Hemat Belanja Kebutuhan Sekolah Jelang Tahun Ajaran Baru

Tahun ajaran baru 2022 dimulai pada 11 Juli mendatang

Jakarta, IDN Times - Biasanya orang tua akan sibuk berbelanja kebutuhan anak sekolah menjelang tahun ajaran baru. Tak sedikit orang tua yang menghabiskan uang banyak saat anak akan masuk sekolah baru atau naik kelas.

Apalagi, tahun ajaran baru 2022 akan dimulai dalam 12 hari lagi, atau tepatnya 11 Juli 2022 mendatang. Menurut Bank Jago, orang tua tetap bisa berhemat saat berbelanja kebutuhan anak sekolah, lho! Simak tips berikut.

Baca Juga: 3 Tips Hemat Biaya Pernikahan, Calon Manten Wajib Simak! 

1. Membuat daftar belanja kebutuhan sekolah anak

Tips Hemat Belanja Kebutuhan Sekolah Jelang Tahun Ajaran Baruilustrasi keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk menghemat belanja kebutuhan anak sekolah, cara pertama ialah dengan membuat daftar barang-barang yang perlu dibeli.

Jika kebutuhannya sangat banyak, maka urutkanlah dari barang prioritas, atau yang harus dibeli lebih dulu. Sementara itu, apabila ada barang yang belum diperlukan dalam waktu dekat, bisa dibeli di lain waktu, agar pengeluaran tak sekaligus besar.

2. Membuat anggaran kebutuhan anak sekolah

Tips Hemat Belanja Kebutuhan Sekolah Jelang Tahun Ajaran Baru(IDN Times/Arief Rahmat)

Setelah membuat daftar, kamu perlu juga membuat anggaran (budget) kebutuhan sang buah hati. Kamu bisa memeriksa perkiraan harga barang-barang yang dibutuhkan lewat internet. Buatlah anggaran dari kebutuhan yang prioritas.

Jika sudah membuat anggaran, kamu bisa memisahkan uang untuk belanja kebutuhan anak sekolah, sehingga uangnya tak tercampur untuk keperluan lain.

3. Manfaatkan diskon atau potongan harga

Tips Hemat Belanja Kebutuhan Sekolah Jelang Tahun Ajaran Baruilustrasi diskon/potongan harga (IDN Times/Nathan Manaloe)

Jelang tahun ajaran baru, biasanya gerai-gerai yang menjual kebutuhan anak sekolah akan memberikan diskon atau promosi menarik lainnya.

Nah, menurut Bank Jago, kamu perlu meluangkan waktu untuk mengejar diskon tersebut, demi mendapat barang dengan harga yang lebih murah.

Tapi perlu diingat, saat berburu diskon, kamu harus tetap berbelanja barang yang sesuai dengan daftar kebutuhan dan anggaran (budget) yang sudah dibuat.

Baca Juga: 4 Cara Atasi FOMO demi Keuangan yang Lebih Sehat

4. Membeli beberapa keperluan anak sekolah dalam jumlah yang besar

Tips Hemat Belanja Kebutuhan Sekolah Jelang Tahun Ajaran BaruIlustrasi Belanja (IDN Times/Arief Rahmat)

Ada beberapa keperluan anak sekolah yang cepat habis, dan sangat penting untuk memiliki stok. Misalnya seperti buku tulis, pensil, pulpen, dan alat tulis lainnya.

Nah, untuk keperluan yang memang bisa cepat habis, akan lebih baik jika kamu membeli dalam jumlah yang besar. Menurut Bank Jago, meski kamu akan keluar uang yang lebih besar saat membeli sekaligus, pada akhirnya kamu akan menghemat lebih banyak.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya