Comscore Tracker

Top! Anak Usaha BUMN Punya Aplikasi yang Permudah Turis Akses QRIS

Turis bisa mudah transaksi di Indonesia lewat QRIS

Jakarta, IDN Times - Xplorin yang merupakan aplikasi milik PT ITDC Nusantara Xplorin mempunyai fitur yang memberikan kemudahan bagi turis asing untuk bertransaksi di Indonesia.

Dengan aplikasi milik anak perusahaan Grup Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC tersebut, turis asing bisa bertransaksi menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) milik Bank Indonesia (BI).

Fitur itu hadir sebagai bentuk partisipasi Xplorin dalam side event presidensi G20 Indonesia, yakni Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 yang digelar BI dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mulai hari ini, Senin (11/7) sampai Jumat (15/7) mendatang.

“Xplorin turut berpartisipasi dalam FEKDI 2022 sebagai bagian dari bentuk dukungan nyata untuk dapat turut menyukseskan program dari Bank Indonesia tersebut, dengan memberikan materi showcase yang diharapkan membantu, khususnya bagi para Wisatawan Asing bisa bertransaksi menggunakan layanan pembayaran QRIS di manapun diseluruh Indonesia," kata Direktur Utama PT ITDC Nusantara Xplorin, Gemma Pratama dikutip dari keterangan resmi.

Baca Juga: Menko Airlangga: Indonesia Tujuan Populer Investasi Digital di ASEAN

1. Turis asing bisa aktivasi saldo uang elektronik lewat aplikasi Xplorin

Top! Anak Usaha BUMN Punya Aplikasi yang Permudah Turis Akses QRISIlustrasi Bank Digital. (IDN Times/Aditya Pratama)

Gemma mengatakan, melalui aplikasi Xplorin, turis asing bisa melakukan aktivasi saldo uang elektronik secara langsung.

"Hal tersebut dapat dilakukan cukup mudah dengan melakukan aktivasi saldo uang elektronik di aplikasi Xplorin secara langsung hanya dengan menggunakan nomor telpon wisatawan asing yang bersangkutan dari negara manapun dirinya berasal,” ucap Gemma.

2. Xplorin kerja sama dengan Netzme untuk permudah transaksi turis asing di RI

Top! Anak Usaha BUMN Punya Aplikasi yang Permudah Turis Akses QRISIlustrasi Uang Digital. (IDN Times/Aditya Pratama)

Gemma mengatakan Xplorin bekerja sama dengan PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme), perusahaan penyedia jasa solusi sistem pembayaran digital, khususnya untuk dapat memberikan layanan aktivasi uang elektronik bagi Wisatawan Asing di aplikasi Xplorin.

Tak hanya itu, melalui kerja sama dengan PT Bali Hastie Indomalaya Valuta salah satu perusahaan pedagang Valuta Asing (Money Changer) di Bali, turis asing dapat langsung memudahkan menukar mata uang negara asalnya dengan mata uang rupiah. Bahkan, uangnya bisa langsung ditambahkan (top up) menjadi saldo uang elektronik selama berlangsungnya FEKDI 2022.

Dengan fitur-fitur itu, diharapkan para turis asing bisa merasakan manfaat dan kemudahan pembayaran QRIS di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Serius Mau Buka Rekening Bersama Pasangan? Simak Dulu 4 Hal Ini 

3. Fitur yang permudah transaksi turis asing di Indonesia diharapkan bisa jadi prospek untuk koridor sandbox di Indonesia.

Top! Anak Usaha BUMN Punya Aplikasi yang Permudah Turis Akses QRISIlustrasi Perkembangan Ekonomi Digital. (IDN Times/Aditya Pratama)

CEO Netzme, Vicky G. Saputra mengatakan kerja sama dengan Xplorin sangat menarik. Dia bahkan berharap kerja sama itu dapat ditindaklanjuti dalam koridor sandbox Bank Indonesia, yang dapat lebih mendukung pemulihan pariwisata Indonesia lebih cepat lagi dengan memanfaatkan ekosistem QRIS.

Apalagi, saat ini QRIS merupakan salah satu sistem pembayaran non-tunai terluas di Indonesia. Menurut data yang diterbitkan Bank Indonesia per Mei 2022, terdapat 18,7 juta dari berbagai merchant termasuk UMKM yang telah mengadopsi QRIS sebagai solusi pembayaran non-tunai.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya