Comscore Tracker

Indonesia-Korea Utara Perkuat Hubungan Lewat Surat Kepercayaan

Indonesia jadi Duta Besar Asing pertama serahkan Surat Keper

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka memperkuat hubungan serta kerja sama dengan Korea Utara, Duta Besar Indonesia untuk Korea Utara, Berlian Napittupulu, menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden Presidium Majelis Tertinggi Rakyat (Supreme People's Assembly/SPA) Korea Utara yang baru, Choe Ryong Hae di Mansudae Assembly Hall, Pyongyang pada (3/10).

Surat Kepercayaan tersebut ditujukan kepada Ketua Komisi Urusan Negara, Kim Jong Un dari Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo. "Puji Tuhan, hari ini saya telah menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden SPA sehingga resmi sudah secara penuh mewakili pemerintah dan bangsa Indonesia di Korea Utara," ujar Dubes Berlian.

1. Indonesia jadi duta besar asing pertama yang serahkan Surat Kepercayaan

Indonesia-Korea Utara Perkuat Hubungan Lewat Surat Kepercayaandok.Istimewa

Surat Kepercayaan yang diberikan Indonesia merupakan Surat Kepercayaan pertama yang diterima oleh Presiden SPA yang baru, Choe Ryong Hae dan menjadikan Indonesia sebagai Duta Besar Asing pertama yang serahkan Surat Kepercayaan.

"Kami bersyukur semua acara berjalan lancar dan kami merupakan duta besar asing pertama di Korea Utara yang menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden SPA yang baru, Choe Ryong Hae,” ujar Dubes Berlian setelah prosesi penyerahan surat kepercayaan.

Baca Juga: 12 Foto Terlarang Korea Utara Bocor di Internet

2. Membangun hubungan sejarah Indonesia-Korea Utara

Indonesia-Korea Utara Perkuat Hubungan Lewat Surat Kepercayaandok.Istimewa

Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Utara juga menyampaikan bahwa Indonesia senantiasa berkomitmen memajukan hubungan sejarah kedua negara yang telah dibangun erat oleh Presiden Soekarno dan Presiden Kim Il Sung yang bertemu pada tahun 1964 di Pyongyang dan tahun 1965 di Jakarta-Bandung-Bogor. 

Presiden Presidium SPA juga mengatakan pentingnya kedekatan antara kedua pendiri negara dalam membangun landasan yang kokoh terhadap hubungan Indonesia dan Korea Utara.

3. Perkuat hubungan melalui kerja sama konkret di berbagai bidang

Indonesia-Korea Utara Perkuat Hubungan Lewat Surat Kepercayaandok.Istimewa

Tidak hanya sejarah, Indonesia dan Korea Utara juga akan lakukan kerja sama konkret di berbagai bidang. Hal itu disampaikan oleh Dubes Berlian saat sesi pertemuan dengan Presiden SPA. 

"Kami telah merancang dan sedang menjalankan sejumlah program konkret untuk memperkuat hubungan kedua negara sejalan dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo." ujar Dubes Berlian

Bidang tersebut antara lain Sosial Budaya yang tengah memajukan pertukaran misi budaya dan olahraga. Dalam bidang olahraga, kini tengah dilaksanakan kunjungan tim voli dan tenis meja Korea Utara di Indonesia.

Dalam bidang pendidikan yaitu pertukaran antarahli, pengajar dan mahasiswa. Sedangkan di bidang Pariwisata, kerja sama dengan mengundang lebih banyak wisatawan Indonesia ke Korea Utara. Tak hanya itu, Asosiasi Persahabatan Indonesia-Korea Utara memberikan bantuan dan mengadakan kegitan bersama Koperasi Pertanian di wiliayah Yaksu dan Sekolah Menengah Ryulgok di Pyongyang.

Baca Juga: Produk Indonesia Laris Manis di Korea Utara 

Topic:

  • Vamela
  • Anata Siregar

Just For You