Comscore Tracker

Mau Nambah Penghasilan untuk Kuliah? Coba 6 Kerjaan Ini!

Bisa tanpa modla

Kamu anak kuliahan dan ingin memiliki penghasilan sendiri? Bekerja sambil kuliah memang tak mudah. Tetapi, ada kebanggaan tersendiri ketika kita bisa menghasilkan uang, sembari kuliah. Apalagi bila kita membiayai kuliah dengan hasil keringat sendiri. Ada beberapa peluang bisnis atau kerja sampingan yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilanmu. Berikut di antaranya:

1. Biro dan Jasa Desain Grafis

Mau Nambah Penghasilan untuk Kuliah? Coba 6 Kerjaan Ini!fichemetier.fr

Bagi kamu yang memiliki keterampilan desain grafis, kamu bisa mencoba menjalankan usaha di bidang tersebut. Keterampilanmu itu akan banyak dicari berbagai usaha penerbitan, perusahaan, dan instansi-instansi lainnya. 

2. Kerajinan Kertas

Mau Nambah Penghasilan untuk Kuliah? Coba 6 Kerjaan Ini!youtube.com

Kamu bisa menekuni bisnis kerajinan dengan media kertas. Mulai dari membuat paper tole, origami, parchment craf, hingga deco book. Kamu pun bisa membuat scrapbook. Tinggal pilih yang mana, lalu kamu bisa menekuninya menjadi bisnis yang menjanjikan!  

3. Biro Jasa Penerjemah

Mau Nambah Penghasilan untuk Kuliah? Coba 6 Kerjaan Ini!pixabay.com

Bisa berbahasa asing memiliki kelebihan tersendiri, terutama bahasa Inggris. Kamu bakal dibutuhkan para akademisi, peneliti, biro pemerintahan, dan sebagainya. Keterampilanmu akan dimanfaatkan untuk membantu menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa asing tertentu, atau sebaliknya.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis yang Cuma Butuh Modal Rp 3 Jutaan Saja

4. Jasa Video Syuting

Mau Nambah Penghasilan untuk Kuliah? Coba 6 Kerjaan Ini!pexels.com

Jika kamu cermati, banyak acara penting dan momen spesial, seperti pesta pernikahan yang membutuhkan sebuah dokumentasi. Disinilah peluangmu, guys!

5. Jasa perawatan hewan

Mau Nambah Penghasilan untuk Kuliah? Coba 6 Kerjaan Ini!pexels.com

Bagi kaum pencinta binatang, kamu bisa membuka jasa penitipan hewan peliharaan. Di antaranya seperti anjing, kucing, dan kelinci. Kamu pun bisa membuka salon khusus hewan untuk mempercantik mereka. Dapat penghasilan dari hobi, deh.

6. Event Organizer

Mau Nambah Penghasilan untuk Kuliah? Coba 6 Kerjaan Ini!pixabay.com

Bisnis event organizer telah banyak merambah di berbagai acara semacam acara. Seperti pertandingan olahraga, semnar, training, ataupun workshop. Bahkan yang lebih populer saat ini adalah event organizer pernikahan dengan konsep sederhana dan teenager.

Baca Juga: 16 Bukti Kocak Bahwa Bisnis Online Shop Juga Penuh Drama!

Yulia Nugraha Photo Writer Yulia Nugraha

I'm Veterinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya