TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Macam Penghasilan yang Sebaiknya Kamu Miliki

Jangan bergantung dari satu jenis penghasilan saja 

Ilustrasi memegang uang (Pexels.com/Karolina Grabowska

Setiap orang pasti membutuhkan uang demi pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Berbagai pekerjaan akhirnya dilakukan untuk mendapatkan penghasilan. Semakin banyak penghasilan yang didapatkan, semakin banyak pula yang bisa kita belanjakan, baik untuk keperluan sekarang maupun masa yang akan datang.

Jenis penghasilan tiap orang itu berbeda-beda lho. Ada yang hanya bergantung pada satu jenis penghasilan saja. Namun, ada pula yang mendapat dari berbagai sumber penghasilan. Berikut akan dibahas mengenai jenis-jenis penghasilan yang bisa kamu miliki. Kira-kira kamu tim yang mana ya? 

1. Penghasilan dari bekerja (gaji atau fee)

Ilustrasi pekerja kantor (Unsplah.com/Icons8 Team)

Banyak orang secara umum mendapatkan penghasilan dengan cara ini, yaitu dengan menjual waktu dan keterampilannya. Kemudian, mereka akan memperoleh gaji atau fee pada saat tertentu.

Kelebihan dari jenis penghasilan ini adalah jumlahnya yang relatif tetap dalam jangka waktu yang konstan. Kenaikan gaji atau fee tergantung pada jabatan, masa kerja, hingga kinerja. Namun, waktu yang digunakan untuk bekerja menjadi tidak fleksibel. Jam kerja sudah ditetapkan oleh atasan dan tidak bisa diganggu gugat.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Tambah Penghasilan Buat Pekerja Kantoran, Cuan!

2. Penghasilan dari berbisnis (laba usaha)

Ilustrasi toko bunga (Pexels.com/Amina Filkins)

Bisnis itu ada banyak macamnya. Mulai dari bisnis manufaktur, bisnis jasa, bisnis perdagangan, dan bisnis-bisnis dari sektor lainnya. Bisnis merupakan salah satu sumber penghasilan yang banyak diminati pada masa kini.

Jam kerjanya yang fleksibel serta berbagai keuntungan yang menggiurkan berhasil menarik minat para pejuang cuan. Hanya saja penghasilan dari melakukan bisnis sifatnya tidak menentu, kadang untung kadang juga rugi. Perlu strategi dan ketekunan yang tinggi.

3. Penghasilan dari kepemilikan saham (dividen)

Ilustrasi memantau pergerakan saham (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Anak muda zaman sekarang sudah banyak yang melek akan investasi saham. Investasi ini bisa dalam jangka pendek, menengah, hingga panjang. Dalam kurun waktu tertentu, investor akan mendapatkan penghasilan berupa dividen berdasarkan persentase kepemilikan saham yang mereka miliki.

Penghasilan dari kepemilikan saham bersifat pasif. Artinya kita akan mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja. Namun, perlu pemahaman dan kesiapan yang matang agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak diinginkan. Apakah kamu tertarik?

4. Penghasilan dari penjualan aset (capital gain​​​​​​​)

Ilustrasi jual beli rumah (Pexels.com/RODNAE Productions)

Capital gain merupakan keuntungan yang didapatkan dari penjualan aset dengan harga yang lebih tinggi dari pembelian. Aset yang dijual ini bisa dalam bentuk saham, obligasi, atau properti.  

Kenaikan harga jual ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Seperti perusahaan yang kita beli sahamnya mengalami pertumbuhan atau properti yang kita miliki memiliki nilai jual yang terus naik.

5. Penghasilan dari sewa 

Ilustrasi sewa sepeda (Pexels.com/Uriel Mont)

Usaha penyewaan sebenarnya memiliki peluang yang menjajikan. Cara kerjanya juga cukup sederhana. Kita memiliki atau membeli barang kemudian disewakan ke orang yang membutuhkan.

Cakupan yang luas membuat usaha persewaan memiliki rentang modal yang beragam mulai dari  kecil hingga besar. Jadi bisa menyesuaikan dengan kemampuan kita. Sumber penghasilan satu ini patut kamu coba.

6. Penghasilan dari menjual ide (royalti)

Ilustrasi seniman (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Royalti merupakan penghasilan yang didapatkan dari ide yang dijual. Produk royalti ini bisa dalam banyak bentuk. Contohnya karya tulis, karya seni, karya ilmiah, merek dagang, desain, dan masih banyak lagi.

Tentunya produk tersebut harus memiliki hak paten atau hak cipta dulu ya supaya kamu bisa memperoleh penghasilan berupa royalti ini.

Baca Juga: 5 Penghasilan yang Bisa Didapat dari Hobi Nulis, Tertarik?

Verified Writer

Agata Melinda Kristi

Let's take and give positive energy only, setuju?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya