Comscore Tracker

5 Langkah Jitu Memaksimalkan IDN Times untuk Menghasilkan Uang

Selain konsisten juga butuh taktik, lho!

Sudah punya akun IDN Times dan menjadi community writer di dalamnya? Kalau belum buruan daftar sebelum menyesal. Bagi yang sudah menjadi community writer di media online bertagline "The Voice of Millennials and Gen Z" ini, sudahkah mengetahui bagaimana memaksimalkan menggunakan IDN Times untuk menghasilkan cuan?

Tujuan orang menulis bisa jadi karena hobi maupun mencari penghasilan sampingan untuk menghidupi diri. Nah, khusus buat kamu yang meniatkan diri menulis untuk mendapat penghasilan tambahan, kamu bisa memulainya di IDN Times. Belum tahu caranya? 5 langkah jitu ini akan menghantarkanmu menuju tujuanmu, guys.

1. Menulislah yang konsisten sampai jadi verified writer, jangan terpaku pada naskah yang berstatus pending

5 Langkah Jitu Memaksimalkan IDN Times untuk Menghasilkan Uangpexels/startup-stock-photos

Konsisten menulis adalah kunci. Jika tidak konsisten maka menulis akan berakhir sekadar mood. Selain itu, salah satu penyakit penulis pemula di IDN Times adalah terpaku pada naskah yang pending, sehingga hari-harinya hanya diliputi rasa cemas "apakah naskahku bisa terbit?".

Untuk mengatasi hal ini, solusinya adalah setelah submit lupakan tulisan dan lanjut lagi menulisJika kamu rajin-rajin mengirimkan tulisan dan standarnya sudah sesuai dengan ketentuan IDN Times Community, pasti suatu saat artikelmu akan diterbitkan oleh editor. Status akunmu pun akan naik dari "Writer" menjadi "Verified Writer".

Nah, kamu pun gak perlu ragu atau gak pede jika status akunmu masih "Writer" karena sebenarnya gak ada pembedaan prioritas, kok dengan penulis yang sudah berstatus "Verified Writer". Untuk lebih jelasnya, ini makna dari status akun tersebut:

  • Writer adalah status akun jika kamu sudah pernah menulis artikel dan berhasil terbit di IDN Times Community
  • Verified writer adalah status akun jika kamu berhasil menerbitkan 20 artikel dalam setahun di IDN Times Community

2. Rajin mengikuti tantangan untuk akselerasi jumlah poin yang didapatkan. Panjat poin, misalnya.

5 Langkah Jitu Memaksimalkan IDN Times untuk Menghasilkan Uanginstagram/idntimes.community

Aplikasi IDN Times sudah tersedia di play store.  Ini akan memudahkanmu untuk mendapatkan update terbaru event maupun promo yang sedang berlangsung. Menu event ini ada di dashboard  untuk di website dan terletak di tab menu event jika di aplikasi. 

Selain dari jumlah kunjungan artikel, kamu bisa mendapatkan poin dari event bulanan misalnya seperti bulan Oktober ini, menulis 4 artikel bertema entertainment bonus poin 1000. Lumayan banget kan? Itu berlaku kelipatan lho! Sila dikalikan sendiri pendapatannya kalau bisa memanfaatkan momen tersebut. Belum lagi jumlah poin dari artikelmu, makin banyak poin yang dikumpulkan. Semakin banyak poin, semakin banyak royalti yang dapat dicairkan.

Baca Juga: Kisah IDN Times Community Writer, Bangun Pede hingga Bisa Biayai Hidup

3. Gabung komunitas IDN Times di kotamu dan Ikuti diskusi berfaedahnya

5 Langkah Jitu Memaksimalkan IDN Times untuk Menghasilkan UangDok. IDN Times

Sudah tahu belum, kalau di IDN Times Community memiliki grup WhatsApp? Jika belum tau kamu bisa cek di dashboard-mu. Saat ini ada grup untuk wilayah Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Bali. Gabung saja ke kota terdekatmu.

Di dalam grup kamu bisa diskusi dengan community writer lainnya. Selain itu, ada juga diskusi dengan editor, jadi jangan dilewatkan kesempatan berharganya. Ilmu menulismu juga makin ter-upgrade,  dan pastinya kamu bisa share tautan artikelmu yang terbit.

Baca Juga: 10 Step-by-step Nulis Artikel di IDN Times Community

4. Buat target harian dan segera eksekusi jika ada ide menulis

5 Langkah Jitu Memaksimalkan IDN Times untuk Menghasilkan Uangpexels/thngocbich

Menulis menurut mood memang boleh, namun jangan karena mood lalu tak pernah lagi mengasah diri untuk menulis. Baiknya, kalau serius, kamu harus punya target harian maupun mingguan mau menulis berapa artikel.

Paling penting, kalau ada ide langsung eksekusi, baik itu menulis di draft maupun menuliskan outline-nya. Percayalah dengan perencanaan, hasil yang didapatkan juga lebih maksimal. 

5. Tulis tentang topik yang sedang trending, cari sisi menarik yang memikat pembaca

5 Langkah Jitu Memaksimalkan IDN Times untuk Menghasilkan Uangpexels/pixabay

Guna menarik minat pembaca dan menghasilkan page views tinggi, alangkah baiknya kamu bisa menyesuaikan topik yang ditulis. Ini bisa disiasati dengan melihat topik yang lagi trending di halaman utama IDN Times. Lalu tuliskan sisi menarik yang belum ada.

Topik-topik seperti KPop nyatanya bisa menembus puluhan ribu pembaca, lho Tapi tenang saja, apa pun topiknya, tulisanmu akan menemukan pembacanya. Hal terpenting adalah terus menulis, no more excuse.

Nah, itu tadi 5 taktik jitu yang perlu kamu coba untuk memaksimalkan IDN Times-mu. Siapa tahu IDN Times bukan hanya tempat menyalurkan hobi menulis maupun sampinganmu, bisa jadi ini sumber penghasilanmu! Asyik kan, hobi yang dibayar bertabur cuan.

Baca Juga: Plagiarisme: Kesalahan Tak Termaafkan dalam Karya Tulis

Vita Ayu Kusuma Dewi Photo Verified Writer Vita Ayu Kusuma Dewi

IG : @vitaakdewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya