TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kesalahan Finansial yang Kerap Dilakukan Anak Muda, Apa Saja?

Jangan-jangan kamu pernah lakuin, nih

Ilustrasi uang (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Finansial atau keuangan wajib banget mulai untuk dikelola dengan baik sedari dini. Namun, pada praktiknya, banyak anak muda lebih sering menghabiskannya untuk hal-hal yang dianggap sepele namun punya dampak besar.

Kamu perlu banget memulai untuk mengubah kebiasaan yang satu ini. Kira-kira, apa saja ya kesalahan finansial yang kerap dilakukan anak muda usia 20-an? Daripada penasaran, cari tahu sama-sama, yuk!

1. Gak menyisakan uang untuk ditabung

Ilustrasi menabung (Pexels.com/Cottonbro)

Banyak anak muda yang berpikir bahwa menabung harus dilakukan dengan konsisten dengan jumlah uang yang sama. Padahal menabung tetap bisa dilakukan meski jumlahnya gak sama, lho.

Meski uang koin sekalipun gak masalah untuk tetap ditabung. Gak melulu harus dalam nominal yang besar, kok. Akan lebih baik juga jika membuat tabungan dalam bentuk investasi, di mana setiap tahunnya hasil yang kamu dapatkan akan terus bertambah.

Baca Juga: 5 Tips Buat Kamu yang Masih Ragu akan Kemampuan Finansial Diri Sendiri

2. Sering membeli barang yang gak perlu

Ilustrasi belanja online(Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kesalahan finansial yang kerap dilakukan anak muda lainnya, adalah mereka sering kali membeli barang yang gak perlu. Keputusan untuk membeli barang bukan berdasarkan apa yang dibutuhkan melainkan karena keinginan saat itu. Rasa menyesal pun gak jarang datang pasca barang sudah di tangan. Untuk itu jangan coba diulangi, ya.

3. Kerap pesan makanan online

Ilustrasi beli makanan online(Pexels.com/Mikhail Nilov)

Kemudahan teknologi memang membuat segalanya lebih mudah. Mau beli apa saja tinggal pesan lewat ponsel sambil duduk di rumah. Termasuk salah satunya adanya inovasi pesan makanan online.

Di satu sisi memang memudahkan kita untuk memilih apapun yang ingin kita makan, sih, tapi di sisi lain kita jadi cenderung konsumtif dan menggantungkan semuanya pada jasa pesan makanan online. Kalau sekali dua kali gak apa-apa, kalau setiap hari, ya boros juga, kan?

4. Sulit membedakan mana kebutuhan dan keinginan

Ilustrasi seorang wanita sedang memegang buku catatan (Pexels.com/Liza Summer)

Agar finansial baik dan terencana, sebaiknya seorang individu punya kesadaran yang baik untuk memilah mana yang termasuk ke dalam kebutuhan, dan mana yang masuk ke dalam keinginan. Sayangnya, kesadaran seperti ini sering diabaikan, lho, terutama bagi sebagian besar anak muda. 

Kebanyakan terjebak dengan euforia, karena sudah memiliki cukup uang lantas membeli apa yang mereka inginkan saat itu juga. Terlepas dari penting tidaknya bukan jadi persoalan. Nah, mindset seperti ini yang pelan-pelan harus mulai untuk diubah.

Baca Juga: Ladies, Ini 4 Tips agar Mandiri secara Finansial Sedini Mungkin

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya