TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Boleh Berutang jika Kamu Memenuhi 5 Syarat Berikut, Harus Mampu Bayar!

Jangan jadikan kebiasaan, ya!

ilustrasi orang berutang (pexels/Andrea Piacquadio)

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, terkadang penghasilan yang kita dapat atau tabungan yang kita miliki, gak cukup untuk itu. Seperti misalnya membeli rumah, membeli barang elektronik yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan, dan lain sebagainya. Jika sudah dalam kondisi seperti ini, mau gak mau berutang menjadi solusinya. 

Bagi sebagian orang, berutang mungkin adalah hal yang gak akan pernah mereka lakukan. Punya prinsip seperti ini sih boleh-boleh aja. Tapi jangan malah menghujat mereka yang gak punya pilihan lain ya. Sebenarnya, berutang itu gak dilarang kok. Yang terpenting, kamu punya lima syarat berikut nih. 

1. Utang ditujukan untuk aset atau modal

ilustrasi orang menghitung uang (pexels/Karolina Grabowska)

Yang pertama, pastikan bahwa kamu berutang untuk barang-barang yang bentuknya aset atau sebagai modal usaha. Intinya, utang tersebut akan menghasilkan sesuatu yang bernilai suatu saat nanti. Utang semacam ini gak akan membuat kamu merasa menyesal, malah justru akan mendatangkan keuntungan. 

Baca Juga: 6 Alasan Harus Mendahulukan Bayar Utang daripada yang Lain

2. Berutang bukan untuk memenuhi gaya hidup belaka

ilustrasi orang belanja (pexels/mentatdgt)

Pastikan bahwa kamu gak berutang untuk sekedar membeli barang-barang yang tujuannya untuk memenuhi gaya hidupmu belaka. Barang-barang seperti baju, makeup, sepatu, dan lain sebagainya ini gak akan berharga lagi ketika kamu sudah membelinya. Itu artinya, kamu sudah membuang uang demi gaya hidup dan rasa bangga yang gak ada nilainya. 

3. Memiliki kemampuan untuk membayar

ilustrasi orang menghitung uang (pexels/Karolina Grabowska)

Tentunya, syarat yang gak boleh kamu lewatkan adalah bahwa kamu memiliki kemampuan untuk membayar utang tersebut. Jangan sampai, saat memutuskan untuk berutang kamu gak mempertimbangkan kemampuanmu melunasinya. Ingat, utang itu akan terus ada dan menjadi kewajiban bagimu untuk membayarnya.

4. Memiliki batasan dalam berutang

ilustrasi orang berutang (pexels/Karolina Grabowska)

Sebelum memutuskan untuk berutang, kamu juga perlu mempertimbangkan batasan jumlah utang tersebut. Paling tidak, nilai yang harus kamu bayar perbulannya adalah 30% dari penghasilan. Agar, kamu gak menghabiskan semua pemasukanmu hanya untuk membayar utang aja. 

Baca Juga: Pertimbangkan dan Ketahui Bedanya: Utang Baik dan Utang Buruk

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya