TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Langkah Mudah Memilih Asuransi Online

Antiribet, guys!

Ilustrasi bekerja di rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Jakarta, IDN Times - Memilih asuransi kini tak perlu ribet bertemu agen. Apalagi di tengah pandemik seperti saat ini. Bermodal smartphone, kamu bisa membeli asuransi secara online kapan saja dan di mana saja.

Tapi, kamu juga harus cermat agar tidak salah pilih asuransi. Makin banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan pembelian polis secara online. Apa saja yang musti diperhatikan? Simak tips berikut, ya!

Baca Juga: Begini Cara Hitung Uang Pertanggungan pada Asuransi Jiwa

1. Cek reputasi perusahaan asuransi

unsplash/Helloquence

Untuk memastikan kredibilitas perusahaan asuransi, kamu bisa cek rasio solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC) perusahaan asuransi yang kamu pilih. RBC menunjukkan kesehatan keuangan. Apabila RBC suatu perusahaan asuransi kian besar, semakin sehat kondisi keuangan perusahaan tersebut.

OJK telah menetapkan rasio minimal untuk RBC perusahaan asuransi jiwa sebesar 120 persen. Pastikan kamu memilih perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK, ya. Ini untuk menjamin bahwa asuransi online yang akan kamu beli aman.

Baca Juga: Asuransi Apa yang Cocok untuk Gen Z?

2. Kenali kebutuhan dan sesuaikan produk asuransi dengan kemampuan finansial

freepik.com

Membeli produk asuransi tidak sama dengan membeli produk-produk tangible (dapat dilihat, disentuh) contohnya seperti mobil, rumah dan lainnya. Pada dasarnya produk asuransi termasuk intangible (tidak dapat dilihat, disentuh), namun efeknya bisa dirasakan seumur hidup.

Oleh karena itu, pertimbangan awal yang dilakukan secara matang sangat menentukan. Kenali kebutuhanmu, lalu sesuaikan produk asuransi yang terjangkau dengan finansialmu.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Klaim Asuransi Kesehatan Kamu Ditolak

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya