TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Asuransi Perlindungan Bank: Pengertian, Manfaat dan Keuntungannya

Apa itu asuransi perlindungan bank?

Ilustrasi Bank. (IDN Times/Aditya Pratama)

Mungkin sebagian masyarakat Indonesia, asuransi perlindungan bank sudah tidak asing lagi terlebih ini bersangkutan dengan bank. Sudah pasti asuransi ini ada hubungan erat dengan dunia perbankan.

Namun masih banyak juga yang tidak tahu secara rinci tentang apa yang dimaksud dengan asuransi perlindungan bank, apa saja manfaatnya, dan bagaimana cara penggunaannya secara detail. Jika dilihat kembali, masyarakat Indonesia memang belum banyak yang mengenal soal dunia asuransi. Masyarakat Indonesia cenderung memiliki stigma yang negatif terhadap asuransi seperti, besarnya biaya yang harus ditanggung untuk sebuah aset yang didaftarkan.

Selain itu juga masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan edukasi tentang asuransi secara keseluruhan. Hal seperti ini juga didukung dengan pengaruh kepercayaan agama, budaya, dan sosial yang ada di kehidupan masyarakat. Akibatnya, masih banyak dari mereka yang belum menggunakan asuransi untuk hal-hal di situasi genting.

Baca Juga: COVID-19 Diharapkan Bikin Masyarakat Lebih Melek Asuransi

Baca Juga: BRINS Hadirkan Greensurance, Asuransi Ramah Lingkungan

1. Pengertian asuransi perlindungan bank

pexels.com/Andreapiacquadio

Menurut pengertian kamus keuangan, asuransi perlindungan bank didefinisikan sebagai asuransi yang dibeli melalui perantara asuransi polis asuransi untuk melindungi bank dari kerugian seperti tindakan kriminal, penipuan yang dilakukan oleh pegawai, perampokan, pencurian, dan pemalsuan ('bankers and brokers' blanket bond’). Sedangkan menurut kamus keuangan Tokopedia, Asuransi Perlindungan bank adalah sebuah produk asuransi hasil kerja sama antara perusahaan asuransi dengan bank. 

Selain itu juga, dalam kemitraan ini mendapatkan banyak keuntungan dari kedua pihak yaitu bank dan perusahaan asuransi yang sama-sama menjual produk asuransi mereka serta memperluas pelanggan tanpa perlu menambah atau memperluas jaringan penjualan.

Asuransi perlindungan bank berbeda dengan produk asuransi lainnya karena nasabah akan mendapatkan tambahan manfaat dari bank, misalnya dari debet otomatis dan bantuan pengurusan klaim dari bank.  Selain itu, bancassurance juga memberikan manfaat bagi nasabah, seperti:

• Nasabah lebih mudah mendapatkan perusahaan asuransi.

• Mendapatkan dua pelayanan di satu tempat sekaligus.

• Bagi nasabah yang mengikuti bancassurance, biasanya akan diberikan kemudahan kredit dari pihak perbankan.

Baca Juga: Semester I-2021, Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Tumbuh 64,1 Persen 

2. Apa manfaat menggunakan asuransi perlindungan bank?

Pexels.com/Karolinagrabowska
  • Dapat digunakan untuk berbagai tujuan investasi, misalnya untuk dana pendidikan, tabungan atau dana hari tua. Produk ini dapat memenuhi kebutuhan untuk menabung, perencanaan keuangan, proteksi sekaligus untuk investasi.
  • Pilihan dana investasi yang beragam, sesuai dengan besarnya toleransi terhadap risiko dan potensi keuntungan yang sesuai dengan keinginan kamu.
  • Jumlah perlindungan jiwa dapat dipilih sesuai kebutuhan, dan dapat ditambahkan sesuai kebutuhan.
  • Kebebasan untuk melakukan penambahan maupun penarikan dana sewaktu-waktu dan perlindungan asuransi anda tetap berjalan.
  • Pertumbuhan dana investasi dapat dipantau setiap hari.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya