TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Buku Tabungan: Pengertian dan Fungsinya

Apa itu buku tabungan?

ilustrasi rekening (IDN Times/Aditya Pratama)

Menabung adalah hal yang sudah ada sejak dulu meskipun cara melakukannya berbeda dengan sekarang ini. Cara menabung berubah dari zaman ke zaman. Dalam sistem bank, menabung dilakukan dengan menggunakan buku tabungan.

Apa itu buku tabungan? Buku ini hanya akan dikeluarkan oleh pihak bank dengan mencantumkan jumlah saldo dari pemiliknya rekening. Buku tabungan tidak dapat dipindahtangankan atau disalahgunakan. Sebab, untuk mengaksesnya diperlukan identitas secara fisik.

Baca Juga: Bank Tabungan Bersama: Pengertian dan Fungsinya

Baca Juga: Bank Tabungan: Pengertian dan Jenisnya 

1. Pengertian buku tabungan

(IDN Times/Aditya Pratama)

Buku tabungan adalah bukti kepemilikan tabungan serta sebagai alat untuk menyimpan uang secara modern. Semua nasabah yang sudah melakukan pendaftaran rekening akan diberikan buku tabungan serta ATM untuk melakukan transaksi.

Pada buku tabungan, terdapat identitas pemilik serta mutasi keseluruhan transaksi yang dilakukan. Hal itu akan diketahui jika pemilik rekening melakukan transaksi dengan tabungan (bukan ATM) di bank, di mana pihak bank mencetak setiap transaksinya.

Baca Juga: Daftar 12 Tabungan Haji Terbaik di Indonesia yang Bisa Kamu Pilih 

2. Jenis-jenis tabungan

Pexels.com/Karolina Grabowska

Hampir semua orang memiliki buku tabungan. Buku tabungan mempunyai jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Terdapat empat jenis tabungan yang secara umum digunakan oleh para nasabah, yakni:

Tabungan Konvensional
Jenis tabungan yang banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat kita. Kemudahan dalam memperoleh jenis tabungan ini, membuat masyarakat lebih banyak yang mengajukannya. Proses untuk membuka rekening hingga jadi bentuk tabungan jenis ini pun sangat cepat.

Tabungan Berjangka
Ini bukan pilihan kebanyakan orang karena perlu mengikuti aturan khusus dalam proses pengambilan uang. Jika memilih tabungan berjangka, kamu tidak bisa melakukan pengambilan setiap waktu karena harus menyesuaikan dengan jadwal yang sudah disepakati.

Tabungan Anak
Ternyata ada juga tabungan khusus untuk anak. Jenis ini memungkinkan anak bisa menabung dengan setoran yang ringan. Anak akan diberikan buku tabungan beserta kartu ATM yang mana mempunyai gambaran desain menarik. Meskipun tabungannya untuk anak, namun juga terdapat fasilitas m-banking ataupun i-banking sehingga anak bisa mempelajarinya.

Tabungan Giro
Jenis tabungan khusus ini biasanya digunakan oleh mereka yang mempunyai usaha. Jenis tersebut bisa mempermudah orang untuk melakukan transaksi bisnisnya. Secara umum tabungan giro dimiliki oleh perusahaan karena mereka mempunyai bisnis. Dengan begitu, setiap transaksi tidak menggunakan rekening pribadi melainkan dengan giro.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya