TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bagan Organisasi: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Penjelasan apa itu bagan organisasi

Ilustrasi rapat kerja. (Pexels.com/fauxels)

Dalam sebuah organisasi, institusi maupun bisnis terdapat posisi yang menunjukkan jabatan tiap orang di dalamnya. Setiap posisi atau jabatan memiliki wewenang dan tanggung jawab yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

Pada dasarnya ada tiga pola dalam organisasi yaitu organisasi lini, organisasi fungsional, dan organisasi lini dan staff (organization chart). Dalam sebuah organisasi, sangat penting adanya sebuah Bagan Organisasi.

Apa itu organisasi dan apa pula fungsinya, berikut ini penjelasan lengkapnya dari IDN Times. Selamat menyimak!

Baca Juga: Fakta-Fakta Pakta Warsawa, Organisasi Saingan NATO 

1. Bagan organisasi

ilustrasi struktur organisasi (Pixabay.com/Gerd Altmann)

Selanjutnya memahami bagan organisasi yakni diagram yang menunjukkan struktur internal atau posisi jabatan karenanya disebut juga struktur organisasi. Bagan organisasi memberi gambaran yang dapat menjelaskan peran, tanggung jawab, dan hubungan antar individu dalam suatu lembaga atau organisasi.

Definisi lain dari struktur organisasi adalah “Sistem yang digunakan untuk mendefinisikan hierarki dalam suatu organisasi. Ini mengidentifikasi setiap pekerjaan, fungsinya dan ke mana ia melapor ke dalam organisasi. ” 

Sebuah struktur organisasi tidak baku melainkan dapat dikembangkan sesuai kebutuhan pelaksanaan organisasi bersangkutan. Karenanya ada banyak jenis struktur organisasi yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca Juga: 3 Fakta Komisi Sungai Rhine, Organisasi Internasional Tertua

2. Pentingnya gambaran bagan organisasi

Ilustrasi organisasi (Pexels/fauxels)

Sebenarnya apakah penting menggambarkan hierarki atau kedudukan setiap orang dalam organisasi pada sebuah bagan organisasi?

Dikutip dari Gill Corkindale dari Harvard University, “Desain dan struktur organisasi yang buruk menghasilkan kontradiksi yang membingungkan: kebingungan dalam peran, Kurangnya koordinasi antar fungsi, kegagalan untuk berbagi ide, dan pengambilan keputusan yang lambat membuat manajer menjadi kompleks, stres dan konflik.”

Artinya, bagan organisasi berperan penting dalam jalannya organisasi untuk menghindari dari kebingungan peran. Sebab bagan organisasi memberikan informasi posisi setiap orang, tugas dan tanggung jawabnya hingga pada siapa ia harus melaporkan tugasnya.

Pada akhirnya, penting untuk memperbaiki struktur organisasi grup agar tujuannya berhasil, berikut gambaran pentingnya bagan organisasi:

  • Menjelaskan tanggung jawab tiap orang atau anggota dalam organisasi. 
  • Menjelaskan kedudukan dan koordinasi agar mempermudah alur komunikasi antar tim.
  • Menjelaskan jalur hubungan antar individu dalam organisasi agar proses kerja lebih efisien.
  • Melihat porsi pimpinan dalam pengendalian dan pengawasan pada karyawan.
  • Elemen Bagan Organisasi

Baca Juga: Dirut BRI Analogikan Sepak Bola Seperti Miniatur Organisasi

Demikian tentang bagan organisasi, pengertian hingga fungsinya bagi perusahaan. Struktur organisasi yang baik sangat mempengaruhi keberhasilan kerja-kerja dalam sebuah organisasi. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya