TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Menabung untuk Siapkan Dana Haji sejak Jauh Hari, Bisa yuk!

Atur ulang prioritas keuangan

ilustrasi haji (IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times - Menunaikan ibadah haji membutuhkan dana yang tidak sedikit. Mengumpulkan uangnya pun tidak bisa secara instan. Tentu saja perlu persiapan yang matang untuk merealisasikannya.

Nah, untuk membantu menyiapkan dana haji, ada beberapa tips yang dapat dicoba dari Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Dimas Ardhinugraha.

Berikut tips yang dapat dicoba!

Baca Juga: 4 Trik Perencanaan Keuangan buat First Jobber, Kuy Pelajari!

Baca Juga: 13 Pengertian Asuransi Menurut Para Ahli, Beda dari Tabungan!

1. Atur ulang prioritas keuangan

(IDN Times/Arief Rahmat)

Supaya dana haji dapat terkumpul sesuai waktu yang diharapkan dan jumlah yang dibutuhkan, kita harus mengisi pos dana haji secara disiplin dan rutin. Atur ulang prioritas keuangan. Jika pendapatan tidak bisa ditambah maka pengeluaran harus dikurangi.

Pilih pos-pos pengeluaran yang masih bisa dihemat, misalnya pos hiburan. Kurangi biaya atau frekuensi makan di luar rumah serta lebih selektif dan irit dalam berbelanja dan mengeluarkan uang.

Baca Juga: Pilih Menabung Dulu atau Beli Saham? Ini Penjelasannya

2. Pertimbangkan faktor inflasi

Ilustrasi Inflasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Calon jemaah haji harus mempertimbangkan faktor inflasi. Misalnya saja inflasi harga bahan bakar pesawat, hotel, perbedaan kurs mata uang dolar AS maupun riyal Saudi Arabia, dan lain sebagainya akan ikut meningkatkan biaya haji.

Selain itu juga perlu dialokasikan dana untuk pembuatan paspor, vaksin meningitis, serta jika dibutuhkan untuk suvenir atau oleh-oleh maupun uang jajan selama di sana.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya