Comscore Tracker

5 Tips agar Uang Bonus Akhir Tahun gak Habis dengan Percuma

Asiyk, dapat bonus akhir tahun dari bos nih!

Menjelang akhir tahun, biasanya perusahaan akan memberikan bonus tambahan berupa uang sebagai hadiah pergantian tahun. Tentu saja momen ini sangat dinantikan oleh semua karyawan. Bahkan di kepala kamu sudah penuh list apa saja yang ingin di beli dengan uang tadi. Apalagi ditambah dengan gaji bulanan yang pastinya bikin kantong jadi semakin tebal.

Bersenang-senang dengan uang bonus sih sah-sah aja, lho. Hanya saja kamu harus mawas diri supaya uang tadi gak cepat habis bak kedipan mata.

Lalu, gimana caranya supaya uang bonus kamu gak terbuang percuma? Berikut ini lima tips yang bisa kamu pakai, simak ya!

1. Tahan dirimu supaya gak kalap belanja sembarangan

5 Tips agar Uang Bonus Akhir Tahun gak Habis dengan Percumapexels.com/bruce mars

Mendapatkan uang bonus di akhir tahun ibarat ketiban durian runtuh. Kamu jadi senang banget melihat angka nol pada rekening jadi bertambah. Kalau dompet lagi tebal-tebalnya, biasanya sisi hedon kamu meningkat tiba-tiba. Tangan jadi gatal untuk gesek debit card dengan percuma.

Daripada menyesal di akhir, tahan hasrat belanjamu dalam-dalam. Uang bonus bisa habis gitu aja kalau kamu lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. 

2. Rinci kebutuhanmu dengan baik. Dahulukan apa yang benar-benar kamu perlukan

5 Tips agar Uang Bonus Akhir Tahun gak Habis dengan Percumapexels.com/Pixabay

Bijaknya, uang bonus digunakan untuk kebutuhan yang lebih penting. Misalnya biaya pendidikan, membayar tagihan, atau jadi dana darurat kalau hal-hal yang gak diinginkan terjadi.

Kamu harus memprioritaskan apa yang lebih urgent. Setelah semua kebutuhan utama terpenuhi, sisa uangnya bisa disimpan sebagai dana cadangan. Bukannya kamu gak boleh senang-senang, tapi dahulukan yang lebih penting agar ke depannya gak terbebani lagi soal finansial.

Baca Juga: 3 Zodiak yang Akan Dapat Kejutan Besar di 2020, Keuangan, Karir, Cinta

3. Buat tabungan khusus untuk menyimpan uang bonus. Gunanya, supaya uang gak terpakai sembarangan

5 Tips agar Uang Bonus Akhir Tahun gak Habis dengan Percumapexels.com/maitree rimthong

Setelah uang bonus masuk di rekening utama, segera pindahkan saldonya ke rekeningmu yang lain. Gunanya, supaya kamu gak bisa pakai dengan sembarangan. Memang jadi lebih repot karena harus transfer sana sini, yang penting uangmu tetap utuh dan gak habis percuma.

Jika nanti ada kebutuhan yang mendesak kamu, gak akan sibuk cari pinjaman karena masih punya duit tabungan. 

4. Atau putar uang bonus tahunan kamu untuk modal investasi

5 Tips agar Uang Bonus Akhir Tahun gak Habis dengan Percumapexels.com/Alexander Mils

Uang bonus bisa dimanfaatkan sebagai investasi, lho. Misalnya KPR rumah atau buka usaha kecil-kecilan. Milennial zaman sekarang harus pandai melihat peluang dan memutar uangnya untuk memperoleh keuntungan di masa depan. Siapa yang tahu kalau investasi kecil-kecilan milikmu bisa berkembang suatu hari nanti. Yang penting kamu melakukannya dengan serius bukan cuma modal iseng yang ikut-ikutan arus tren.

5. Kendalikan dirimu agar bisa mengelola keuangan dengan bijaksana

5 Tips agar Uang Bonus Akhir Tahun gak Habis dengan Percumapexels.com/Artem Beliaikin

Sejak muda, kamu harus pandai mengatur keuangan supaya gak terjebak utang apalagi sibuk gali lubang tutup lubang. Yang terpenting adalah pengendalian diri untuk gak menghamburkan uang dengan percuma. Kamu sendiri sudah merasakan kalau cari uang sulit setengah mati dan bonus akhir tahun bisa jadi penyelamat keuanganmu kalau digunakan dengan bijak.  

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan supaya uang bonus akhir tahun gak habis sia-sia.  Kan sayang, udah dapatnya setahun sekali, masa habisnya cuma sehari.

Baca Juga: Momen Natal dan Tahun Baru Ajang Menghamburkan Uang?

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya