Comscore Tracker

5 Penyebab Kamu Belum Kaya, Ternyata Masih Melakukan Ini

Agar kamu bisa lebih kaya

Semua orang pasti ingin kaya. Beragam cara dilakukan untuk mendapatkan harta yang berlimpah. Meski kerja keras sudah dilalui, terkadang masih belum cukup untuk membuatnya menjadi kaya. Bisa jadi hal tersebut karena tidak memaksimalkan hal yang ada. Untuk kamu yang belum kaya meski sudah bekerja keras, baca artikel ini untuk mengetahui hal yang belum kamu lakukan agar menjadi kaya.

1. Investasi

5 Penyebab Kamu Belum Kaya, Ternyata  Masih Melakukan Iniilustrasi cowok berinvestasi (usplash.com/Frank Busch)

Investasi terkadang identik dengan menaruh uang dengan jumlah yang banyak pada suatu perusahaan. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Kamu bisa mulai investasi bermodal uang ratusan ribu melalui reksadana.

Investasi sangat penting bagi kamu yang ingin kaya. Kamu hanya perlu menanam modal dan kamu akan memperoleh keuntungan. Tentunya hal tersebut harus dilakukan secara konsisten dan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Investasi jauh lebih baik daripada sekadar menabung uang di bank.

2. Passive income

5 Penyebab Kamu Belum Kaya, Ternyata  Masih Melakukan Iniilustrasi cowok bekerja (unsplash.com/Icons8 Team)

Masih banyak orang yang hanya mengandalkan pekerjaan utamanya untuk mencari uang. Mereka lupa kalau masih ada passive income yang juga dapat menambahkan uang. Kamu bisa mencari tahu lebih dahulu pekerjaan apa saja yang bisa dijadikan passive income.

Jika kamu memiliki pekerjaan utama dan passive income, keuangan kamu akan lebih baik. Kamu bisa saja mendapatkan uang hasil passive income dari menyewakan kontrakan atau kendaraan. Dengan begitu, kamu tetap akan mendapatkan uang meski sedang tidak bekerja.

Baca Juga: Mau Cepat Kaya? Kamu Harus Tinggalkan 5 Kebiasaan Sepele Ini!

3. Memanfaatkan perkembangan internet 

5 Penyebab Kamu Belum Kaya, Ternyata  Masih Melakukan Iniilustrasi wanita selfie (unsplash.com/Afif Kusuma)

Bila kamu bekerja sebagai pedagang, pasti pendapatan kamu kurang jika hanya mengandalkan penjualan secara offline saja. Di situlah letak kekurangannya. Kamu harus memanfaatkan internet, terutama media sosial untuk mendongkrak penjualan kamu.

Saat kamu memasarkan produk yang dijual di media sosial, kamu akan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Nama usaha kamu juga semakin luas dan dikenal oleh masyarakat. Memanfaatkan media sosial juga tidak sebatas untuk pedagang. Seorang pekerja kreatif juga harus memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan portofolio agar menarik perhatian klien.

4. Memiliki rencana keuangan

5 Penyebab Kamu Belum Kaya, Ternyata  Masih Melakukan Iniilustrasi cowok pemimpin (unsplash.com/Austin Distel)

Terkadang, uang yang didapat dari hasil gaji bisa langsung habis tanpa ada hal yang bermanfaat. Bisa jadi hal tersebut karena tidak memiliki rencana keuangan. Uang tersebut habis hanya untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup.

Dengan memiliki rencana keuangan, kamu dapat mengontrol pemasukan dan pengeluaran. Kamu juga bisa merencanakan hal untuk menggunakan uang untuk mendapatkan lebih banyak uang nantinya. Rencana keuangan ini akan membuat kamu tidak mudah menghabiskan uang agar memikirkan keadaan finansial di masa depan.

5. Pendapatan dari royalti

5 Penyebab Kamu Belum Kaya, Ternyata  Masih Melakukan Iniilustrasi wanita belajar (unsplash.com/Avel Chuklanov)

Banyak orang yang tidak bisa memanfaatkan kelebihannya dengan baik. Padahal, kelebihan tersebut bisa saja mendatangkan keuntungan seperti membuat sebuah karya. Karya tersebut bisa mendatangkan uang dari hak patennya.

Di era digital ini, kamu bisa memanfaatkan untuk membuat suatu karya unik dipatenkan. Dari setiap karya kamu yang diunduh atau dijual bisa meraup keuntungan. Kamu bisa mematenkan karya seperti foto, desain, atau hal lainnya.

Untuk kamu yang sudah berusaha keras tapi tidak kunjung kaya, bisa jadi kamu belum melakukan salah satu hal di atas. Kamu akan lebih mudah kaya bisa bisa memaksimalkan segala peluang dan potensi yang tersedia.

Baca Juga: 5 Langkah jadi Jutawan Muda, Hindari Skema Cepat Kaya

Athallah Hanan Adhasubhi Photo Verified Writer Athallah Hanan Adhasubhi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya