Comscore Tracker

Dilaporkan atas Penipuan, Alimama segera Diblokir Satgas lnvestasi

Akan meminta bantuan Kemkominfo

Jakarta, IDN Times - Belakangan ini nama aplikasi investasi Alimama mencuat ke publik karena diduga melakukan penipuan. Yang terbaru, lebih dari seribu warga Jawa Timur telah melaporkan Alimama ke polisi karena mengalami kerugian dengan nilai total mencapai miliaran rupiah.

Ketua Satgas Waspada Investasi OJK, Tongam L Tobing membenarkan aplikasi investasi tersebut diduga melakukan penipuan. Oleh karena itu, pihaknya akan segera mengambil tindakan tegas untuk memblokir aplikasi itu melalui bantuan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

"Kami mengumumkan ke masyarakat, memblokir situs atau web (Alimama). Dan akan segera dilakukan," katanya kepada IDN Times, Kamis (1/10/2020).

1. Hati-hati berinvestasi guys

Dilaporkan atas Penipuan, Alimama segera Diblokir Satgas lnvestasiIlustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Tongam mengimbau agar masyarakat tidak berinvestasi melalui aplikasi tersebut, karena Alimama tidak memiliki izin untuk kegiatan investasi. Menurutnya, Alimama tidak di bawah pengawasan OJK karena bukan industri jasa keuangan.

"Penanganan Alimama dilakukan Satgas Waspada Investasi yang beranggotakan 13 kementerian/lembaga," tegasnya.

Baca Juga: Aplikasi Alimama Dilaporkan Seribuan Klien karena Rugi Miliaran Rupiah

2. Korban sudah melapor ke polisi

Dilaporkan atas Penipuan, Alimama segera Diblokir Satgas lnvestasiKorban Alimama saat melaporkan dugaan penipuan ke Mapolda Jatim, Selasa (29/9/2020). Dokumentasi Istimewa

Sebelumnya Robby Kho, salah seorang korban investasi Alimama, menjelaskan dia bersama sejumlah korban lainnya sudaj melapor ke polisi sejak Senin (21/9/2020). Robby memperkirakan setidaknya ada 1.600 orang yang tergabung dalam tim koordinasi korban Alimama di Jatim. Mereka mengumpulkan data-data bukti mengenai kerugian mereka yang diakibatkan oleh aplikasi Alimama.

"Awalnya kami cuma 11 orang di Surabaya. Lalu kami buat Google Form dan disebarkan. Ternyata sudah ada 1.600 orang yang mengisi dari berbagai daerah. Maka kemudian kami bentuk tim koordinator," ujar Robby saat dihubungi IDN Times, Selasa (29/9/2020). 

3. Kerugian akibat investasi di Alimama diperkirakan mencapai miliaran rupiah

Dilaporkan atas Penipuan, Alimama segera Diblokir Satgas lnvestasiIlustrasi rugi (IDN Times/Arief Rahmat)

Robby belum mengkalkulasi berapa jumlah total kerugian yang dialami oleh para korban. Namun, dia memperkirakan kerugiannya bisa mencapai puluhan miliar rupiah. Dia menyebut salah seorang yang dikenalnya mengaku kehilangan uang Rp3 miliar.

Robby sendiri mengaku merugi hingga Rp200 juta. Beberapa orang lain yang ia kenal juga mengaku kehilangan uang ratusan juta hingga miliaran rupiah. "Kerugiannya beragam ada yang mulai seratus ribu, jutaan, puluhan juta, sampai miliaran juga ada beberapa," tuturnya.

Baca Juga: Aplikasi Investasi JD Union dan Alimama Diduga Tipu Warga Bogor Raya

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya