Comscore Tracker

Tips Memilih Kartu Kredit, Buat Kamu yang Punya Gaji Rp3 Jutaan

Simak yuk biar gak boncos

Jakarta, IDN Times - Memiliki kartu kredit, saat ini menjadi pilihan kebanyakan orang lantaran lebih praktis. Selain itu, kartu kredit menjadi dambaan karena bisa membeli barang lebih dulu tetapi bayar  belakangan.

Namun kamu harus waspada, jangan sampai kartu kredit malah membuat kamu tekor karena tagihannya. Alangkah baiknya, jika ingin mengajukan kartu kredit  sesuaikan dengan kondisi keuanganmu.

Berikut tips memilih dan membuat kartu kredit yang sesuai untuk kamu yang bergaji Rp3 jutaan. 

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Bikin Kartu Kredit

1. Sesuaikan limit dengan gaji

Tips Memilih Kartu Kredit, Buat Kamu yang Punya Gaji Rp3 JutaanIlustrasi credit (IDN Times/Arief Rahmat)

Mengutip cermati.com, umumnya, bank akan menawarkan limit kartu kredit dua sampai tiga kali lipat dari gajimu. Misal gaji Rp3 juta, kamu bisa mendapat tawaran limit Rp6 juta sampai Rp9 juta. Tetapi bukan berarti kamu harus mengambil semua limit yang ditawarkan bank.

Jika ingin sesuai dengan kondisi finansial, maka ambil limit di bawah gaji atau minimal sama. Bijak dalam menggunakan kartu kredit di batas wajar. Selain itu, pastikan tagihannya tidak lebih besar dari gaji bulanan agar terhindar dari risiko gagal bayar.

2. Sesuaikan dengan gaya hidup

Tips Memilih Kartu Kredit, Buat Kamu yang Punya Gaji Rp3 JutaanANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jika kamu memiliki gaji Rp3 jutaan, sebaiknya kamu bergaya biasa saja. Yang penting kebutuhan kamu terpenuhi. Pilih kartu kredit yang sesuai gaya hidup sederhana kamu.

Misalnya kamu senang mencari promo, diskon, cashback saat belanja kebutuhan pokok, berarti pilih kartu kredit yang menawarkan keuntungan tersebut. Jadi bisa tetap hemat pakai kartu kredit.

3. Pilih bunga yang ringan

Tips Memilih Kartu Kredit, Buat Kamu yang Punya Gaji Rp3 JutaanIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Setiap orang yang memiliki kartu kredit akan dikenakan biaya bunga. Ada dua jenis yakni biaya bunga ringan dan biaya rendah. Biaya ini seperti iuran tahunan, denda keterlambatan, biaya tarik tunai atau gesek tunai, dan lainnya.

Dengan gaji Rp3 jutaan, pilih kartu kredit yang menawarkan tingkat bunga ringan dan biaya rendah. Kalau perlu bebas iuran tahunan seumur hidup.

Baca Juga: Kamu Pakai Kartu Kredit? Perhatikan Hal Ini Ya Biar Gak Tekor

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya