Comscore Tracker

5 Kebingungan yang Kamu Dapati Saat Memulai Bisnis Online

Pernah satu pengalaman?

Beralihnya bisnis offline ke online store membuat pembeli semakin mudah dalam berbelanja. Efisiensi terhadap waktu, membuat banyak orang lebih memilih belanja online daripada pergi menulusuri toko satu persatu. Dengan prospek yang cerah, sudah banyak bisnis online yang meraup untung jutaan bahkan ratusan juta rupiah. Tak jarang, orang tertarik dan ikut mencoba untuk mendapatkan pemasukan kantongnya.

Walau punya segudang keuntungan dari bisnis online, bagi kamu yang baru memulai bisnis tentunya punya kendala sendiri dalam merajut usaha. Kamu pasti bingung dan tidak tahu harus berbuat apa jika belum punya pengalaman berbisnis, namun yang kamu punya hanyalah tekad untuk mendapatkan penghasilan sendiri.

Lalu bagaimanakah kebingungan yang terjadi saat para pemula bisnis online akan menjalankan bisnisnya. Berikut 5 kebingungan yang terjadi saat memulai bisnis online.

1. Kamu bingung mau jualan apa

5 Kebingungan yang Kamu Dapati Saat Memulai Bisnis OnlinePexels.com/Rawpixel.com

“Kira-kira barang apa ya yang laku di pasaran?” atau “Kira-kira apa ya yang diminati masyarakat” dan itu merupakan contoh kira-kira yang tentunya masih banyak lagi yang lain. Jika kamu berkutat pada hal ini artinya kamu harus mempelajari dulu tentang target marketing. Jika kamu paham, barulah kamu tahu apa yang dibutuhkan target marketing dan kamu bisa menjadi pemenuh kebutuhannya.

2. Kamu bingung modalnya dari mana

5 Kebingungan yang Kamu Dapati Saat Memulai Bisnis OnlinePexels.com/Rawpixel.com

Masalah modal tentunya menjadi momok yang besar dalam dunia perbisnisan. Jika tidak ada modal mau bagaimana membuat usaha. Untuk kamu yang tidak tahu dari mana datangnya modal, kamu bisa menjalankan bisnis reseller.

Namun, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu di mana tempat yang dapat mempercayakan barang dagangannya untuk dijual olehmu. Kamu bisa mendekati teman yang mempunyai bisnis, atau tetangga yang sudah mengenalmu sehingga, kamu tidak perlu bingung mencari darimana datangnya modal. Jika kamu sudah punya tabungan cukup, kamu bisa kok membuka bisnis sendiri.

3. Kamu bingung cara mempromosikannya

5 Kebingungan yang Kamu Dapati Saat Memulai Bisnis OnlinePexels.com/Rawpixel.com

Untuk memudahkan bisnis kamu dikenal orang lain, salah satu jalannya dengan promosi, lalu bagaimana jika tidak punya biaya lebih untuk membayar jasa  promotor. Maka solusinya mulailah dari lingkup yang kecil, mungkin dari teman ke teman, tetangga, ataupun keluarga. Jika kamu telah punya budget yang cukup, kamu bisa menggunakan jasa pengiklanan.

Baca Juga: 5 Trik Cerdas Mencari Online Shop Termurah di Instagram

4. Kamu bingung cara mengatur jadwal

5 Kebingungan yang Kamu Dapati Saat Memulai Bisnis OnlineUnsplash.com/Square

Masalah ini biasanya terjadi pada mereka yang masih sekolah ataupun menjadikan bisnis sebagai pekerjaan kedua. Hal ini dapat terjadi pada kamu yang harus cepat dalam menjawab pertanyaan yang masuk atau mengambil barang dan mengantarkannya di luar jam bebas kamu.

Biasanya, penjual akan mengatur bagaimana customer membeli. Fase ini terbilang cukup sulit bagi penjual. Namun, tak sedikit juga kok yang berhasil. Jika kamu punya niat yang baik, semua akan terasa lebih mudah.

5. Kamu bingung cara memutar uang di saat modal belum balik

5 Kebingungan yang Kamu Dapati Saat Memulai Bisnis OnlinePexels.com/Rawpixel.com

Permasalahan yang seperti ini biasanya bagi pemula yang belum mengetahui strategi dari bisnis yang modalnya kecil. Tipsnya adalah, keep orderan. Sehingga modal kamu bisa kembali dengan cepat. Kamu bisa membuat kloter penjualan atau sesi mingguan. Pada masalah ini yang kamu butuhkan hanyalah konsisten dan sabar.

Itulah 5 masalah yang timbul saat akan menjalani bisnis online. Sebaiknya pelajari dulu apa saja yang dibutuhkan dan pahami bagaimana cara menyelesaikan permasalahan yang mungkin akan terjadi. Agar kamu dapat meminimalisirkan kekurangan dalam berbisnismu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Online Shop untuk Kamu yang Punya Badan Berisi 

awkward Photo Community Writer awkward

Guru besar ku pengalamanku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You