Comscore Tracker

Punya UMKM? Coba Cek Catatan Sejarah Indonesia Ini, Banyak Manfaat

Ternyata oh ternyata

Kamu ingat gak sih guys banyak hal penting terjadi saat sebelum dan sesudah kemerdekaan Indonesia? Banyak kejadian itu yang akhirnya jadi pelajaran para pemimpin negeri ini mengambil keputusan untuk masa depan yang lebih baik. Memang belajar dari sejarah tuh membantu banget!

Hal itu lah yang membawa BukuKas, sebuah aplikasi digital untuk mencatat keuangan usaha, mengajak para UMKM melihat dan mempelajari bahwa melalui pencatatan sejarah bisa bantu untuk menentukan langkah kedepan. 

Buat kamu yang punya UMKM, artikel ini sangat cocok buat kamu! Simak penjelasan lengkap dan apa saja sih pelajaran yang bisa dipetik dari kejadian sebelum dan sesudah kemerdekaan di bawah ini ya!

1. Bentuk catatan zaman dahulu dibuat ilustrasi oleh BukuKas dan Historika

Punya UMKM? Coba Cek Catatan Sejarah Indonesia Ini, Banyak ManfaatSalah satu catatan di Instagram BukuKas (Instagram/bukukas_id)

Jadi kamu bisa lihat catatan kemerdekaan dalam bentuk ilustrasi secara rinci pasca detik-detik proklamasi hingga 31 Agustus 1945. Catatan yang mudah dipahami itu dirangkum oleh sejarawan Yayasan Historika Indonesia (Historika), sebuah organisasi yang aktif dalam pelestarian sejarah Indonesia. 

Catatan tersebut diunggah setiap harinya melalui akun Instagram @bukukas_id untuk mengetahui bagaimana bangsa Indonesia bisa terbentuk hingga memetik manfaat hasil pencatatan yang bisa dirasakan hingga kini bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

Direktur Eksekutif Yayasan Historika Indonesia, Abdul Basyith, mengatakan, “Usai detik-detik 17 Agustus 1945, ada beragam catatan kemerdekaan yang sangat krusial dalam pembentukan berdirinya Bangsa Indonesia yang menarik untuk diketahui oleh masyarakat luas,” jelasnya.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Nasi Tumpeng, Sajian Khas HUT Kemerdekaan Indonesia

2. Peristiwa di Gedung Chuo Sangi-In jadi catatan penting

Punya UMKM? Coba Cek Catatan Sejarah Indonesia Ini, Banyak ManfaatSalah satu catatan di Instagram BukuKas (Instagram/bukukas_id)

Salah satu peristiwa yang menarik adalah pada 18 Agustus 1945, Bung Karno bersama sekumpulan pemuda terbaik bangsa, duduk bersama di Gedung Chuo Sangi-In (yang saat ini bernama Gedung Pancasila). 

Dari pencatatan ini, menunjukkan bagaimana kita bisa memahami Bung Karno sebagai pendiri Bangsa tidak asal dan sangat berhati-hati memiliki mitra untuk berdiskusi dalam pembentukan sistem pemerintahan Indonesia. Dari hasil diskusi itulah, menjadi cikal bakal negara ini memiliki organisasi-organisasi pemerintah seperti DPR, DPRD, serta kementerian berbagai bidang. Hm, menarik banget gak sih?

3. Pencatatan demi pencatatan itu juga penting diterapkan pada UMKM

Punya UMKM? Coba Cek Catatan Sejarah Indonesia Ini, Banyak ManfaatSalah satu merchant isi ulang air (Dok. BukuKas)

VP BukuKas & Head of Growth UMKM Tri Sukma Anreianno mengatakan, “Pentingnya pencatatan yang benar serta bagaimana pencatatan secara rinci tersebut membantu dalam membentuk masa depan negara.”

Oleh karena itu, Tri Sukma menjelaskan bahwa dengan catatan sejarah yang merinci peristiwa pasca kemerdekaan Indonesia ini sejalan dengan tujuan mulia BukuKas, yaitu membantu pelaku UMKM Indonesia akan pentingnya pencatatan keuangan bisnis, agar bisa menentukan keputusan dengan tepat untuk masa depan yang lebih hebat.

4. Dengan BukuKas, UMKM gak perlu ribet catat keuangan

Punya UMKM? Coba Cek Catatan Sejarah Indonesia Ini, Banyak ManfaatMerchant bengkel yang menggunakan BukuKas (Dok. BukuKas)

Sesuai dengan visi BukuKas sebagai solusi yang terintegrasi guna mendukung aktivitas keseharian para pelaku UMKM dalam menjalankan usaha mereka, BukuKas terus tanpa henti mengedukasi pentingnya pencatatan secara rinci dan mudah seperti mencatat transaksi, membuat pembukuan dan laporan keuangan. 

Dengan mengunduh aplikasi BukuKas, kamu yang punya bisnis UMKM dapat melakukan pembukuan sederhana dengan praktis dan cepat karena semua dapat dicatat dengan otomatis dan tidak perlu memerlukan perhitungan manual. Sehingga hasil pencatatan akan lebih akurat. Mantap banget! Buat kamu yang punya bisnis atau UMKM buruan unduh BukuKas deh! 

5. BukuKas akan terus edukasi UMKM tentang pentingnya pencatatan yang rinci

Punya UMKM? Coba Cek Catatan Sejarah Indonesia Ini, Banyak ManfaatBukuKas bikin bisnis jadi mudah (Dok. BukuKas)

Lewat hadirnya catatan kemerdekaan yang merinci peristiwa pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia, BukuKas mengingatkan masyarakat Indonesia kembali begitu pentingnya pencatatan secara rinci. 

Begitu juga pentingnya mencatat keuangan bisnis kedepannya. Pencatatan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, agar usahanya cepat berkembang. “Mulailah mencatat keuangan bisnis di BukuKas, agar bisa menentukan keputusan dengan tepat untuk masa depan yang lebih hebat,” tutup Tri Sukma Anreianno. (WEB)

Baca Juga: 5 Makanan Ringan Khas Jabar yang Cocok Jadi Ide Bisnis UMKM

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya