Comscore Tracker

Pakai Dompet Digital Malah Bikin Boros? Intip 5 Tips Jitu Ini!

Biar tetap irit saat pakai dompet digital

Millennial dan Gen Z suka memanfaatkan kecanggihan teknologi, termasuk pembayaran nontunai. Kamu gak perlu lagi bawa uang tunai yang memenuhi dompet. Untuk membayar sesuatu, cukup pakai dompet digital. Tinggal pindai dari smartphone dan voila! Transaksi selesai.

Penyedia layanan eWallet juga memberikan banyak promo yang menggiurkan sehingga pengguna merasa sayang kalau gak memanfaatkan penawaran tersebut. Hal inilah yang membuat pengguna jadi semakin boros.

Nah, di bawah ini ada tips bijak agar gak boros saat menggunakan dompet digital. Yuk, simak!

1. Isi dompet digital kalau dibutuhkan saja 

Pakai Dompet Digital Malah Bikin Boros? Intip 5 Tips Jitu Ini!Ilustrasi OVO (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketika berbelanja menggunakan cashless, kamu gak memegang uang fisik. Jadi, kamu gak merasa kalau sedang mengeluarkan uang. Memiliki saldo dalam jumlah banyak di dompet digital membuatmu tak berpikir panjang untuk membelanjakan uang. Tahu-tahu, kamu sudah habis banyak.

Cobalah untuk mengisi dompet digital hanya ketika akan menggunakannya saja. Hal ini untuk menghindari belanja konsumtif yang sebenarnya gak dibutuhkan. Jika merasa terlalu repot, kamu bisa mengisi secara berkala, misalnya seminggu sekali agar lebih terkontrol.

2. Tetap anggarkan dana untuk dompet digital 

Pakai Dompet Digital Malah Bikin Boros? Intip 5 Tips Jitu Ini!unsplash/thought catalog

Seperti halnya uang tunai, kamu juga wajib membuat anggaran belanja untuk dompet digital. Misalnya kamu butuh dana di dompet digital untuk keperluan transportasi, di awal bulan, anggarkan biaya transpor tersebut. 

Jangan gunakan dana itu untuk membeli kebutuhan lain, seperti memesan tiket bioskop atau belanja makanan. Jika memang kamu perlu untuk membeli kebutuhan lain, top-up dulu dananya sesuai harga kebutuhan itu. Ini akan melatihmu untuk lebih disiplin mengatur keuangan sesuai anggaran yang telah dibuat.

Baca Juga: 5 Ciri Kamu Sudah Kecanduan Belanja Online, Awas Pemborosan!

3. Cari promo saat akan berbelanja, bukan cari produk yang sedang promo 

Pakai Dompet Digital Malah Bikin Boros? Intip 5 Tips Jitu Ini!Ilustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Banyak orang yang keliru memanfaatkan promo diskon dan cashback. Mereka justru mencari-cari produk yang sedang diskon, padahal sebenarnya gak butuh produk itu. Lama-kelamaan, uangmu akan terkuras banyak untuk gaya hidup konsumtif.

Sebaiknya, saat kamu membutuhkan suatu produk, cek dulu di media sosialnya barangkali sedang ada diskon atau cashback. Lumayan, kamu jadi lebih hemat.

4. Hindari menggunakan fitur pay later

Pakai Dompet Digital Malah Bikin Boros? Intip 5 Tips Jitu Ini!Ilustrasi Utang (IDN Times/Mardya Shakti)

Banyak dompet digital maupun aplikasi marketplace yang memiliki fitur pay later. Ini adalah fitur di mana kamu bisa berbelanja dengan cara membayar belakangan. Fungsinya mirip dengan kartu kredit.

Namun, selain bikin kamu lebih konsumtif, fitur ini kurang menguntungkan apabila kamu lupa membayar karena ada beban bunga yang cukup besar. Biasakan untuk membeli barang hanya jika memiliki uang sehingga kamu gak perlu mengutang.

5. Pantau pengeluaran lewat dompet digital secara berkala

Pakai Dompet Digital Malah Bikin Boros? Intip 5 Tips Jitu Ini!unsplash/freestocks

Tak hanya menganggarkan di awal bulan, pemantauan dan evaluasi penggunaan dompet digital juga harus dilakukan setiap akhir bulan. Sebab, transaksi yang kamu lakukan bisa saja berbeda karena ada pengeluaran tak terduga. 

Dengan rutin memonitor dan mengevaluasi pengeluaranmu di eWallet, kamu jadi bisa mengira-ira mana pengeluaran yang tidak diperlukan dan mana yang bisa dikurangi. Dengan begitu, kamu juga bisa memperkirakan berapa jumlah yang perlu kamu isi bulan depan.

Itulah tips jitu agar lebih bijak menggunakan dompet digital. Mudah, bukan?

Baca Juga: 5 Tips Belanja Kebutuhan Pokok secara Online 

Dita Restuti Photo Verified Writer Dita Restuti

Pengabdi Excel yang sedang mencari jati diri. Temukan lebih banyak di Instagram @ditarestuti

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya