Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Wajib Memiliki Dana Pensiun, Persiapkan Dari Sekarang!

Penting untuk kesejahteraan hari tua

Di usia yang masih produktif saat ini, kamu mungkin merasa memiliki kebebasan finansial dan bebas mendapatkan apa yang kamu inginkan. Tapi, pernahkah kamu berpikir, apa yang akan kamu lakukan jika usiamu sudah tidak produktif lagi dan tidak bisa bekerja?

Meskipun kamu sudah tidak bisa bekerja lagi nantinya, tapi kebutuhan sehari-hari tetap perlu dipenuhi. Untuk alasan ini, kamu perlu mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin.

Sayangnya, masih banyak orang yang abai dan tidak mempersiapkan dana pensiun. Padahal, mempersiapkan dana pensiun sedari sekarang akan memberikan banyak manfaat di masa depan. Inilah beberapa alasan mengapa kamu perlu mempersiapkan dana pensiun.

1. Tingkat stres yang lebih rendah dan kesehatan yang lebih baik 

5 Alasan Kamu Wajib Memiliki Dana Pensiun, Persiapkan Dari Sekarang!pexels.com/Kevin Bidwell

Masalah finansial merupakan sumber utama stres. Menurut American Psychiatric Association, lebih dari 70 persen orang dewasa memiliki kecemasan terkait uang dan hal tersebut dapat mengganggu kesehatan fisik.

Kekhawatiran akan masalah keuangan dapat merampas ketenangan pikiran untuk menikmati hidup serta menyebabkan kecemasan dan depresi. Tidak hanya itu, stres finansial dapat menyebabkan kurang tidur dan migrain, hingga memicu kondisi yang lebih kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung. 

Mempersiapkan dana pensiun mulai dari sekarang adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan finansial masa depan yang juga akan berdampak baik untuk kesehatan fisik dan emosional.

2. Memberikan rasa aman jika terpaksa pensiun

5 Alasan Kamu Wajib Memiliki Dana Pensiun, Persiapkan Dari Sekarang!pexels.com/Karolina Grabowska

Pensiun sebelum usia 60 tahun bukanlah hal yang buruk bila kamu memang sudah mempersiapkannya. Sayangnya, tidak semua pensiunan pensiun karena pilihan. Tak sedikit yang terpaksa pensiun karena PHK, alasan kesehatan, atau merawat anggota keluarga yang sakit atau lanjut usia.

Jika kamu harus meninggalkan pekerjaan sebelum usia tua, kamu akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik jika sudah memiliki rencana pensiun. Menyisihkan uang untuk masa pensiun jauh-jauh hari dapat memberi kamu lebih banyak pilihan dan waktu jika terpaksa pensiun serta lebih banyak rasa aman.

Baca Juga: Mau Pensiun Muda? Ini Tips Persiapkan Finansial Aman Sampai Tua

3. Tidak akan membebani keluarga

5 Alasan Kamu Wajib Memiliki Dana Pensiun, Persiapkan Dari Sekarang!pexels.com/RODNAE Productions

Kamu pasti pernah mendengar istilah generasi sandwich? Ini merupakan sebutan untuk orang yang tinggal dan memiliki tanggung jawab menghidupi anaknya sekaligus orangtuanya. Karenanya, generasi sandwich memiliki beban hidup yang lebih berat.

Dengan memiliki rencana pensiun yang komprehensif, kamu akan memiliki biaya medis dan potensi biaya perawatan jangka panjang. Sehingga, setelah pensiun nanti, kamu tidak akan membebani mereka karena sudah mempersiapkan tabungan untuk hal-hal mendesak yang membutuhkan dana banyak.

4. Dapat mengambil risiko yang telah diperhitungkan

5 Alasan Kamu Wajib Memiliki Dana Pensiun, Persiapkan Dari Sekarang!pexels.com/pixabay

Bagian dari pentingnya mempersiapkan dana pensiun adalah membangun cadangan uang tunai sehingga kamu dapat mengambil risiko yang diperhitungkan dengan lebih sedikit kekhawatiran. Jika kamu tidak memiliki tabungan, kamu mungkin akan lebih sulit mengejar minat tertentu. 

Anggap saja, setelah pensiun kamu ingin membangun bisnis sendiri. Untuk memulai bisnis, kamu memerlukan dukungan finansial untuk memulai.

Jika kamu baru akan memulai bisnis setelah benar-benar berhenti bekerja dan mengandalkan gaji terakhir, pesangon, atau uang pensiunan, kamu akan memiliki kekhawatiran jika bisnismu tidak berkembang dan mengalami kerugian, yang akan membuat kamu ragu-ragu untuk memulai bisnis. Lain halnya jika kamu sudah memiliki dana cadangan jauh-jauh hari, kamu akan merasa lebih aman dan tidak terlalu takut jika harus mengalami kerugian di awal-awal menjalani bisnis.

5. Memberikan keamanan finansial di masa depan

5 Alasan Kamu Wajib Memiliki Dana Pensiun, Persiapkan Dari Sekarang!pexels.com/Karolina Grabowska

Dengan menabung dan mempersiapkan dana pensiun, berarti kamu sudah mempersiapkan keamanan finansial. Jelas, memiliki uang membuat hidupmu lebih mudah. 

Dengan mempersiapkan dana pensiun, artinya di masa depan kamu bisa memiliki gaya hidup yang baik seperti yang kamu miliki sekarang, dan kamu tidak akan terjebak dalam keadaan darurat finansial. Untuk hal ini, kamu perlu memasukkan tabungan ke dalam rekening tabungan cair di mana kamu dapat langsung menggunakannya untuk keadaan darurat, serta menyimpan sebagian lainnya dalam bentuk saham untuk mengembangkan nilai uang di masa depan.

Seperti yang sudah dijelaskan, ada banyak alasan mengapa mempersiapkan dana pensiun itu penting. Kehidupan pensiun yang ideal dan sesuai harapan membutuhkan pendekatan proaktif. Jika kamu mulai merencanakan pensiun lebih awal, masa pensiunmu akan semakin baik di masa depan. Jadi, yuk rencanakan dana pensiun dari sekarang.

Baca Juga: 5 Masalah Finansial yang Sering Dihadapi Millennial dan Gen Z

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya