Comscore Tracker

Nabung Susah? Nih 6 Trik Hemat Pangkal Kaya ala Millennial

Menabung ala millennial itu mudah kok

Millennial merupakan generasi dengan tantangan konsumerisme yang besar karena banyaknya produk digital keuangan, belanja online, maupun layanan streaming yang begitu menggoda iman. Beberapa produk digital tersebut akan menjadi boomerang yang membahayakan jika tidak disiplin dalam mengelola keuangan.

Misalnya, berlangganan layanan streaming musik maupun film yang kelihatan bernilai kecil tapi tidak selalu menggunakannya sama saja membuang uang setiap bulannya. Hal itu akan menjerumuskan millennial menjadi lebih boros. Sebagai generasi millennial yang sangat melek terhadap teknologi, seharusnya juga diimbangi dengan melek literasi keuangan biar tetap bisa menabung.

Yuk simak 6 trik hemat pangkal kaya ala millennial berikut ini ya.

1. Pembagian pos keuangan

Nabung Susah? Nih 6 Trik Hemat Pangkal Kaya ala Millennialwallettipsy.com

Hal pertama yang harus dilakukan setelah menerima gaji yaitu melakukan pembagian pos keuangan. Pembagian pos keuangan merupakan langkah awal disiplin dalam mengelola keuangan. Millennial harus menyisihkan beberapa pos keuangan seperti kebutuhan bulanan, membayar cicilan, lifestyle dan investasi.

2. Siapkan dana investasi

Nabung Susah? Nih 6 Trik Hemat Pangkal Kaya ala MillennialUnsplash.com/sugercoatit

Investasi adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh millennial. Dengan berinvestasi berarti kamu telah siap memiliki masa depan yang lebih mandiri. Dalam sebulan minimal kamu harus menyisihkan 10 persen dari penghasilan untuk investasi baik itu dalam bentuk obligasi, reksadana maupun saham.

3. Hedon boleh tapi sesuai budget

Nabung Susah? Nih 6 Trik Hemat Pangkal Kaya ala Millennialmbymontcalm.co.uk

Biar kehidupan tidak selalu tegang, millennial boleh saja hedon tapi harus sesuai budget. Sisihkan maksimal 20 persen dari pendapatan untuk pos lifestyle. Ingat jangan melebihi budget dan harus disiplin ya!

Baca Juga: 4 Kesalahan Orangtua Millennial dalam Merencanakan Keuangan 

4. Manfaatkan promo

Nabung Susah? Nih 6 Trik Hemat Pangkal Kaya ala Millennialpexels.com/Artem Beliaikin

Setiap bulan pasti akan ada promo yang bertebaran. Kamu bisa memanfaatkan promo tersebut untuk belanja kebutuhan bulanan. Berbagai promo menarik bisa membantumu lebih hemat dalam berbelanja. Lebih giat mencari promo, kamu bisa berhemat lebih banyak.

5. Belanja sesuai kebutuhan bukan keinginan

Nabung Susah? Nih 6 Trik Hemat Pangkal Kaya ala Millennialpixabay.com/Mircea Lancu

Millennial harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Setiap pengeluaran harus didasarkan pada kebutuhan, bukan keinginan semata. Karena keinginan tidak akan pernah ada habisnya. Jadi kamu harus lebih pandai membedakannya ya.

6. Pantau pengeluaran agar tidak melebihi budget

Nabung Susah? Nih 6 Trik Hemat Pangkal Kaya ala Millennialbca.co.id

Biar gak kebobolan, pengeluaran tiap bulan harus dipantau. Cek mutasi rekening apakah pengeluaran sudah sesuai porsi? Memantau pengeluaran tidak serepot yang kamu bayangkan kok jika kamu menggunakan BCA mobile.

Pantau pengeluaran #DibikinSimpel aja pakai BCA keyboard. Kamu bisa melihat aktivitas transaksi tanpa pindah dari aplikasi. Tak hanya itu, cek saldo atau transfer pun bisa banget.

Yuk #JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN sekarang juga dengan mengaktifkan BCA Keyboard. Caranya mudah kok. Cukup tiga langkah saja.

  • Buka aplikasi BCA mobile dan klik tombol Aktivasi BCA Keyboard
  • Klik tombol Aktifkan Disini
  • Langkah terakhir pilih tombol BCA Keyboard

Selamat mencoba!

Baca Juga: Praktis & Anti Ribet, 5 Keuntungan Buka Tabungan Baru via BCA Mobile

Fely Ulya Photo Verified Writer Fely Ulya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You