Comscore Tracker

BCA Umumkan Nama Baru Bank Royal Jadi Bank Digital BCA

Soft opening rencananya dilakukan pada semester II 2020

Jakarta, IDN Times - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) segera mengubah nama PT Bank Royal Indonesia menjadi Bank Digital BCA. Bank tersebut sebelumnya telah diakuisisi BCA pada 2019 lalu.

"Untuk Bank Royal, ada nama baru, dan sudah dapat persetujuan, nama barunya Bank Digital BCA," kata Direktur Keuangan BCA Vera Eve Lim dalam video conference, Rabu (27/5).

1. Soft opening akan dilakukan pada semester II 2020

BCA Umumkan Nama Baru Bank Royal Jadi Bank Digital BCAIDN Times/Hana Adi Perdana

Vera mengatakan soft opening rencananya bakal dilakukan di semester II 2020. Ia berharap tidak ada kendala berarti sampai pembukaan nanti dilakukan.

"Soft opening [akan dilakukan] tahun ini di semester kedua, biasanya juga lebih percobaan internal untuk beberapa aplikasi yang kita siapkan saat ini. Kita tunggu tanggal mainnya," kata Vera.

Baca Juga: Bagikan Dividen Tunai Rp13,69 Triliun, BCA Angkat 2 Direktur Baru

2. BCA resmi akuisisi Bank Royal

BCA Umumkan Nama Baru Bank Royal Jadi Bank Digital BCAIDN Times/Indiana Malia

Diberitakan sebelumnya, BCA resmi merampungkan akuisisi PT Bank Royal Indonesia (Bank Royal). Penandatanganan perjanjian Akta Jual Beli saham dilakukan setelah BCA mendapat persetujuan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Dengan penandatanganan Akta Jual Beli tersebut, BCA resmi memiliki 99,99 persen saham Bank Royal dan PT BCA Finance 0,01 persen dari total saham Bank Royal.

“Keputusan mengakuisisi Bank Royal merupakan langkah strategis BCA dalam rangka melengkapi layanan perbankan BCA demi menjangkau kebutuhan nasabah di tanah air. Dalam jangka panjang, akuisisi ini juga diharapkan dapat memberikan added value yang berkesinambungan bagi semua stakeholders,” kata Direktur BCA Subur Tan.

3. Bank Royal bakal menggarap segmen usaha mikro

BCA Umumkan Nama Baru Bank Royal Jadi Bank Digital BCAPelaku UMKM di Jawa Tengah. IDN Times/Dhana Kencana

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan Bank Royal bakal fokus menggarap segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Untuk mendukung rencana tersebut, BCA akan menyuntikkan modal kepada Bank Royal. Besar suntikan dananya sebesar Rp1 triliun. Dengan suntikan modal ini Bank Royal akan menjadi Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) II. Suntikan modal ini di luar nilai akuisisi Rp988 miliar. 

Baca Juga: BCA Bukukan Laba Bersih Rp6,6 Triliun di Kuartal I 2020

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya