Comscore Tracker

3 Jangka Waktu Investasi, Mana yang Cocok buat Kamu?

Perhatikan juga tips berikut ini biar tujuan kamu tercapai

Jakarta, IDN Times - Setiap orang punya tujuan finansial yang berbeda. Ada yang ingin melanjutkan pendidikan, menikah, membeli rumah, mobil atau menyiapkan pendidikan untuk anak. Supaya tujuan finansial tercapai, perlu ada strategi membagi tujuan finansial menjadi tiga bagian berdasarkan jangka waktu investasi, yaitu jangka pendek, menengah, dan panjang.

"Masing masing punya strategi yang berbeda," kata Ahli Investasi, Theodorus Nico dilansir dari laman BCA, Kamis (13/1/2022).

Nah berikut ini adalah tiga jangka waktu investasi dan tipsnya.

Baca Juga: Intip Peluang Investasi 2022, yuk Cuan di Tahun Baru!

1. Tujuan jangka pendek

3 Jangka Waktu Investasi, Mana yang Cocok buat Kamu?(IDN Times/Aditya Pratama)

Nico mengatakan, biasanya untuk tujuan jangka pendek dapat terpenuhi dalam waktu kurang dari 1 tahun. Strategi untuk jangka pendek adalah menggunakan dana yang bisa di akses sewaktu-waktu seperti Instrumen Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) dan instrumen jangka pendek atau deposito dan obligasi kurang dari satu tahun.

"RDPU menawarkan imbal hasil yang optimal dengan risiko yang relatif rendah, dapat ditarik kapan saja alias likuid, dan lebih terlindungi dari volatilitas perubahan harga reksa dana," ucapnya.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Investasi Perhiasan Emas

2. Tujuan jangka menengah

3 Jangka Waktu Investasi, Mana yang Cocok buat Kamu?Ilustrasi Investasi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk tujuan jangka menengah, biasanya dapat terpenuhi dalam waktu sekitar satu samapi lima tahun. Nico mengatakan, kamu bisa menggunakan instrumen Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT), atau Reksa Dana Campuran (RDC) yang menawarkan potensi imbal hasil lebih tinggi daripada RDPU.

RDPT berinvestasi pada instrumen surat utang baik pemerintah maupun perusahaan, sedangkan RDC maksimal 79 persen berinvestasi pada instrumen pasar uang, efek bersifat utang dan/atau efek bersifat ekuitas/saham.

3. Tujuan jangka panjang

3 Jangka Waktu Investasi, Mana yang Cocok buat Kamu?ilustrasi investasi (IDN Times/Mia Amalia)

Selanjutnya, ada tujuan jangka panjang yang biasanya dapat dipenuhi dalam waktu lebih dari 5 tahun. Nico menyarankan kamu agar memantau pengeluaran secara disiplin dan menyisihkan pemasukan secara konsisten, sebaiknya memilih produk investasi yang dapat mempercepat tujuan finansial jangka panjang tetapi disesuaikan dengan profil risiko.

"Reksa Dana Saham merupakan pilihan investasi untuk seorang investor dengan profil risiko agresif yang dapat menerima risiko yang tinggi dan jangka waktu investasi panjang," ujarnya.

Baca Juga: Satgas Waspada Investasi OJK Tutup 116 Pinjol Ilegal, Ini Daftarnya!

4. Tips biar tujuan finansial dapat tercapai

3 Jangka Waktu Investasi, Mana yang Cocok buat Kamu?Ilustrasi investasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Nah, supaya tujuan finansial kamnu tercapai, kamu dapat mulai dengan merencanakan dan merealisasikan dari yang lebih mudah terlebih dahulu. Ketika sudah mencapai target, tingkatkan tujuan finansial kamu sedikit demi sedikit.

"Buat target dan evaluasi strategi secara berkala. Untuk tujuan jangka menengah dan panjang lakukan setahun sekali," kata Nico.

Target membantu kamu memantau proses dan memberikan semangat untuk mencapai tujuan finansial. Kamu juga harus disiplin dalam proses pemenuhan tujuan finansial untuk mengatur keuangan dan memantau perkembangannya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya