Comscore Tracker

Mudik Murah dan Asyik, Kenapa Tidak?

Siapa bilang mudik harus mahal, yuk coba tips berikut ini

Jakarta, IDN Times - Bulan Ramadan dan puasa identik dengan yang namanya mudik. Siapa yang tidak kangen kampung halaman setelah setahun mungkin kamu jarang pulang kampung?

Momen ini sangat dinantikan banyak orang untuk bertemu keluarga, kerabat dan teman-teman di kampung halaman. Sayangnya, harga tiket pesawat lagi mahal. Belum lagi kalau kamu memesan mendekati lebaran. Selain kehabisan kuota, penuh sesak, harganya juga bisa melonjak.

Tapi kamu gak perlu khawatir. Dengan cara-cara ini, kamu bisa mudik dengan murah dan asyik.

1. Tentukan kapan kamu pergi

Mudik Murah dan Asyik, Kenapa Tidak?ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Pilih berapa hari sebelum lebaran, supaya kamu tahu memperhitungkan dana yang dibutuhkan tidak mendadak. Kamu bisa gunakan beberapa aplikasi yang menjual tiket transportasi agar memudahkan kamu mudik.

Biasanya semakin dekat hari kamu mudik dengan hari lebaran, tiketnya akan semakin mahal.

Baca Juga: 5 Hal Tentang Pemberlakuan One Way di Tol Trans Jawa Saat Mudik 

2. Mau berapa hari di kampung halaman?

Mudik Murah dan Asyik, Kenapa Tidak?unsplash.com/Dikaseva

Tiket one-way bisa dipastikan akan lebih mahal daripada tiket pulang-pergi. Maka dari itu kamu harus hitung berapa lama kamu akan menghabiskan waktu di kampung halaman. Dengan begitu, kamu langsung bisa memesan tiket pulang-pergi sejak awal.

3. Buat rencana pengeluaran selama mudik

Mudik Murah dan Asyik, Kenapa Tidak?IDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain untuk transportasi, kamu juga harus hitung berapa biaya makan kamu, biaya untuk oleh-oleh kerabat dan keluarga kamu, termasuk biaya-biaya lain selama kamu mudik dan di kampung halaman. Jangan lupa tambah pos anggaran tidak terduga. Usahakan agar tidak ada yang meleset dari perencanaan ini.

Baca Juga: Bahaya, Menhub Kembali Minta Pemudik Tak Gunakan Motor

4. Ikut mudik bareng dan gratis

Sudah banyak lembaga pemerintah atau swasta yang mengadakan mudik bareng dan gratis. Kamu harus sering cari tahu kapan mudik bareng dan gratis dilakukan.

Kamu bisa juga ikutan Mudik Asyik IDN Times dari Jakarta ke Surabaya dan Jakarta ke Yogyakarta. Ini adalah kali kedua IDN Times mengadakan Mudik Asyik. Penasaran? Pantengin terus info Mudik Asyik di IDN Times ya.

Baca Juga: 4 Hal Paling Berkesan Buat Peserta Mudik Asik IDN Times

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You