Comscore Tracker

Tip Hemat saat Puasa di Tengah Pandemik Virus Corona 

Kan seharusnya bisa berhemat, tapi kok malah boros?

Jakarta, IDN Times - Bulan puasa, apalagi saat pandemik virus corona seperti ini seharusnya kita bisa berhemat banyak untuk keuangan kita. Tapi tetap aja ada pengeluaran tak terduga.

Entah karena bosan di rumah jadinya paket internet cepat habis, atau malah sering belanja online sampai beli makanan untuk berbuka yang gak terkira.

Ada beberapa tips yang dapat membantu kamu berhemat saat puasa di tengah pandemik ini.

1. Cari hobi yang bermanfaat

Tip Hemat saat Puasa di Tengah Pandemik Virus Corona Ilustrasi Bekerja (IDN Times/Uni Lubis)

Salah satu penyebab kenapa kita boros saat puasa di tengah pandemik ini adalah karena kebosanan. Tanpa sadar, kita malah lebih sering scroll timeline Instagram, Twitter dan marketplace online. Akibatnya kita jadi cenderung tertarik dengan apa yang ada di media sosial dan marketplace tersebut. Belum lagi paket internet yang cepat habis.

Padahal kalau kamu punya hobi yang bermanfaat, kamu akan mengurangi durasi main hp.

Contoh beberapa hobi yang bisa kamu lakukan adalah membaca buku atau belajar online. Banyak loh provider internet yang menyediakan kuota cuma-cuma alias gratis buat e-learning ini.

Jadi selain menghilangkan kebosanan, kamu juga bisa dapat ilmu dan ibadah juga saat puasa gini.

2. Jangan sering-sering pesan makanan online

Tip Hemat saat Puasa di Tengah Pandemik Virus Corona Ilustrasi pemesanan makanan online (IDN Times/Hana Adi Perdana)

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Kalau niat kamu membantu teman-teman ojek online dengan memesan makanan, silakan. Tapi kamu juga harus memikirkan kondisi keuangan kamu.

Biar gak lapar mata, kamu bisa buat tantangan buat diri sendiri dengan hanya sekali makan makanan yang kamu ingin dengan memesan online.

Misal kamu mau beli sushi atau pizza yang kamu suka, buat batasan dengan kamu hanya boleh memesan itu sebulan atau dua minggu sekali.

Cara lain, dibanding kamu sering ngemil, lebih baik masak sendiri. Selain lebih kenyang, kamu bisa hemat jauh loh dibanding pesan makanan secara online.

3. Sering cek harga kebutuhan pokok

Tip Hemat saat Puasa di Tengah Pandemik Virus Corona Ilustrasi gula pasir di pasar. IDN Times/Shemi

Harga kebutuhan pokok sangat dinamis saat ini. Jangan kamu pasrah begitu saja ketika melihat harga barang kebutuhan pokok. Coba sering-sering cek harga kebutuhan pokok seperti gula, beras, telur.

Kamu juga bisa tanya tetangga atau teman kamu berapa harga kebutuhan pokok di sekitar mereka.

Sebagai contoh, beberapa waktu lalu harga gula pasir sampai Rp20 ribu per kilogram, tapi ada juga yang menyediakan gula pasir seharga Rp12.500 per kilogram. Contoh lain telur ayam, sekarang ini rata-rata dijual Rp20 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya bisa Rp25 ribu per kilogram.

4. Ingat untuk selalu membeli kebutuhan, bukan keinginan

Tip Hemat saat Puasa di Tengah Pandemik Virus Corona yummy.co.id

Sering kali kita membeli keinginan, bukan kebutuhan. Misal kamu lapar, padahal cukup beli makanan secukupnya, tapi kadang ada cemilan sampai minuman kekinian yang juga kamu beli. Atau kalau kamu bosan, alih-alih ngobrol sama teman, kamu malah scrolling timeline yang membuat paket kamu cepat habis.

Atau saat berbuka puasa, cukup teh manis hangat, buah dan bubur kacang hijau untuk mengembalikan energi kamu. Gak perlu beli banyak-banyak kayak es buah, gorengan, somay, mie ayam dan seterusnya. Kamu bisa mengatasi kebosanan menu ini dengan menggantinya tiap hari, tentu dengan batasan yang wajar. Misal hanya 3 jenis makanan.

Topic:

  • Anata Siregar
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya