Comscore Tracker

5 Tips Sukses Jika Kamu Hendak Berbisnis Bersama Teman

Asalkan bersikap profesional kamu pasti bisa!

Ketika kita ingin membuat sebuah bisnis pastinya kita membutuhkan orang lain agar usaha kita berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Di saat seperti ini tentunya kita membutuhkan teman, meskipun berbisnis bersama teman ada keuntungan dan kerugiannya semuanya gak masalah asal 5 tips ini kamu terapkan!

1. Bicarakan soal modal dan pembagian keuntungan

5 Tips Sukses Jika Kamu Hendak Berbisnis Bersama TemanPexels/Jopwell

Hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah bicarakan soal modal dan pembagian keuntungan masing-masing. Kamu pun harus adil karena uang adalah sesuatu yang sensitif dan kamu pun mesti bersikap transparan agar mereka percaya. Dengan begitu gak ada istilahnya dirugikan dalam mengembangkan bisnis ini.

2. Tentukan job desk masing-masing

5 Tips Sukses Jika Kamu Hendak Berbisnis Bersama TemanPexels.com/Alena

Yang namanya usaha bersama teman maka kamu sebagai founder mesti memberikan job desk kepada teman-temanmu sesuai keahlian mereka. Jika kamu sudah mengatur semuanya maka usahamu akan berjalan dengan lancar dan pasti akan sesuai keinginanmu. Meski ini baru bisnis kecil-kecilan tapi usahakan kamu dan teman-temanmu serius dan disiplin dalam mengelolanya.

3. Tentukan siapa pemegang uang

5 Tips Sukses Jika Kamu Hendak Berbisnis Bersama TemanPexels.com/Pixabay.com

Agar bisnis yang kamu kelola berjalan mulus maka tentukan dari sekarang siapa yang berhak memegang uang. Pastikan kamu mempercayai temanmu dan jangan membicarakannya dari belakang. Kepercayaan itu penting agar usahamu maju dan jika kamu masih kurang percaya juga pastikan temanmu membuat laporan keuangan agar semuanya clear.

Baca Juga: 8 Unsur Ini Harus Dibuat Bila Ingin Bisnis Bareng Teman, Nomor 5 Sering Terlewatkan

4. Adakan pertemuan tiap bulan

5 Tips Sukses Jika Kamu Hendak Berbisnis Bersama TemanPexels/Helena Lopez

Kamu perlu mengadakan rapat setiap bulan dan evaluasi agar bisnismu makin maju. Jangan lupa juga untuk membicarakan penghasilan setiap bulannya agar kamu dan teman mampu memberikan inovasi terbaik agar bisnismu stabil dan maju. Meski masih kecil-kecilan namun jangan pernah merasa lelah dan akhirnya berhenti begitu saja.

5. Libatkan teman lain saat sudah berjalan sukses

5 Tips Sukses Jika Kamu Hendak Berbisnis Bersama TemanPexels/Rawpixel

Meski kamu ingin mengajak teman-temanmu untuk ikut berbisnis namun keinginan ini mesti ditahan dulu jika bisnismu belum berkembang. Akan lebih baik jangan terlalu banyak yang mengelolanya supaya bisnismu stabil. Barulah kamu ajak teman-temanmu yang lain jika bisnismu sudah mulai maju dan berkembang.

Yuk jalankan semuanya dengan serius dan disiplin pasti deh bisnismu suatu saat akan berkembang dengan baik.

Baca Juga: Seru! 5 Hal Ini Dirasakan oleh Pasangan yang Bisnis Bareng

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You