Comscore Tracker

Ini 5 Tips Investasi-Proteksi agar Efek Pandemik Gak Pengaruhi Dompetmu

Dijamin gak bikin dompet jadi 'jebol' loh!

Jakarta, IDN Times - Pandemik yang masih melanda Tanah Air sampai saat ini masih menyebabkan efek domino bagi masyarakat, khususnya pada finansial. Kita pun dituntut harus berusaha ekstra agar efek pandemik gak selalu menyelimuti kehidupan sehari-hari. Nah, ada baiknya nih kita merespons efek pandemik dengan menjaga kemampuan finansial supaya keuangan kita tetap aman. Makanya, pastikan kamu baca sampai selesai ya!

1. Mengatur segala jenis pengeluaranmu agar semakin berhemat

Ini 5 Tips Investasi-Proteksi agar Efek Pandemik Gak Pengaruhi DompetmuIlustrasi berhemat. (Shutterstock/create jobs 51)

Mulai sekarang kamu mesti banget nih menekan segala jenis pengeluaranmu dan harus berhemat untuk menyiapkan dana darurat. Jangan tergoda dulu untuk membeli berbagai kebutuhan yang sifatnya hanya 'keinginan' kamu. 

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira, juga mengatakan untuk mengurangi belanja yang tidak sesuai kebutuhan dan fokus pada pangan serta kebutuhan kesehatan, plus jangan latah ikut gaya hidup yang boros. 

Baca Juga: Lakukan 7 Kebiasaan ini untuk Menghemat Biaya Pengeluaran Kamu 

2. Cari pemasukan sampingan oke juga nih

Ini 5 Tips Investasi-Proteksi agar Efek Pandemik Gak Pengaruhi DompetmuSeseorang menabung melalui pemasukan sampingan. (Shutterstock.com/PaeGAG)

Bukan berarti gak bersyukur dengan apa yang sudah kamu dapatkan saat ini. Ada baiknya memang untuk mencari pemasukan sampingan, apalagi di tengah situasi yang gak menentu akibat pandemik ini. Salah satunya kamu bisa membuka usaha sampingan untuk menambah penghasilan di tengah masa pandemik. 

Usaha sampingan yang bisa kamu lakukan juga bisa bergerak di bidang makanan, pakaian, atau jasa. Kamu pun bisa membuka usaha sampingan berdasarkan hobi agar bisnis yang kamu jalankan gak jadi beban. Pastikan juga kamu selalu berpikir kreatif, cermat melihat peluang bisnis di sekitarmu, dan pasar yang menjanjikan agar usaha sampinganmu bisa berjalan lancar.

3. Siapkan juga asuransi untuk dirimu dan keluarga ya!

Ini 5 Tips Investasi-Proteksi agar Efek Pandemik Gak Pengaruhi DompetmuIlustrasi proteksi. (Shutterstock/Jirsak)

Asuransi juga gak bisa kamu pandang sebelah mata, terlebih lagi di situasi yang seperti ini dengan berbagai macam risiko bisa menghampiri kamu dan keluarga. Lagi pula, untuk punya asuransi jangan pernah berpikiran menunggu penghasilanmu sampai besar dulu ya guys.

Saat ini, ada banyak jenis asuransi yang bisa kamu gunakan dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Selain itu, ada juga asuransi dengan tetap mengandung unsur proteksi serta memberikan kesempatan investasi demi menyongsong masa pensiun lho. Jadi, gak ada lagi alasan untuk tidak punya asuransi ya!

4. Investasi reksa dana gak ada salahnya lho guys!

Ini 5 Tips Investasi-Proteksi agar Efek Pandemik Gak Pengaruhi DompetmuIlustrasi mengecek investasi (Pexels/Rawpixel)

Kalau punya tabungan di bank, jangan cuma disimpan guys. Ada baiknya kamu  kembangkan uangmu dengan cara berinvestasi. Ada banyak produk investasi yang bisa kamu coba, salah satunya reksa dana. 

Dengan reksa dana, kamu yang masih minim pengetahuan tentang investasi bisa ikut serta menanamkan uangmu. Kamu pun bisa mencoba dulu menginvestasikan uangmu di reksa dana pasar uang karena selain tingkat risiko yang rendah, keuntungannya juga stabil lho.

Nah, bila sudah mulai paham dengan seluk-beluk reksa dana, kamu bisa mencoba jenis reksa dana lain, seperti reksa dana pendapatan tetap dengan risiko menengah atau mungkin reksa dana campuran dan saham yang memiliki risiko menengah-tinggi. Ingat, semakin tinggi risiko semakin tinggi peluang keuntungan yang didapat. Makanya, kamu wajib membaca prospektus dan memahami risiko reksa dana sebelum mengambil keputusan berinvestasi.

Pembelian reksa dana tergolong mudah, kamu dapat membeli reksa dana melalui agen penjual salah satunya, bank. BRI merupakan salah satu bank penjual reksa dana. Salah satu bank terbesar dengan jaringan terluas ini berfungsi sebagai agen penjual reksa dana yang bekerja sama dengan manajer investasi yang profesional dan berpengalaman.

Berinvestasi di reksa dana merupakan investasi yang terjangkau dan anti ribet. Apalagi menjelang Hari Raya Idulfitri, kita pasti butuh dana lebih untuk berbagai keperluan nanti. Nah, kamu bisa nih mempersiapkan dana tersebut dari jauh hari dengan berinvestasi di reksa dana. Informasi lebih detail mengenai reksa dana, kamu bisa klik di sini ya.

5. Tingkatkan keterampilan penting banget

Ini 5 Tips Investasi-Proteksi agar Efek Pandemik Gak Pengaruhi DompetmuMengasah kemampuan fotografi. (Pexels.com/Sam Lion)

Salah satu fase berbahaya di dalam kehidupan apabila sudah terjebak pada zona nyaman. Kamu jadi gak perlu dan seakan gak butuh untuk belajar hal-hal baru. Nah, barulah ketika masa pandemik menerjang negeri ini, kita mulai tersadar untuk pentingnya meningkatkan kemampuan yang ada di diri kita.

Tapi gak ada kata terlambat untuk kamu yang masih mau belajar dan mencoba hal-hal baru, terlebih lagi bila kamu mau keluar dari zona nyaman. Kamu bisa nih mulai meningkatkan keterampilan, baik skill maupun soft skill untuk bisa bertahan dan keluar di masa yang serba gak menentu ini. 

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar efek pandemik gak kamu rasakan! Intinya, jangan malas dan gengsi dalam melakukan berbagai hal ya, asalkan gak merugikan orang lain.

Nah, jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Asuransi Lentera, kamu juga bisa menghubungi BRI Premium Call Center (021) 575 8899/ 0 800 1 017 017 atau BRI Life 1500-087, kamu juga bisa mengakses website BRI Life di sini. (WEB)

Baca Juga: 6 Keterampilan Bernilai Tinggi yang Dapat Kamu Pelajari Secara Online

Topic:

  • Marwan Fitranansya
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya