Comscore Tracker

Ini 6 Alasan Kenapa Membuat Anggaran Keuangan Itu Penting

Yuk mulai bikin anggaran!

Banyak penasihat keuangan menganjurkan untuk membuat anggaran dari setiap pengeluaran kebutuhan. Ini merupakan salah satu pelajaran finansial penting tetapi belum banyak orang melakukannya. Terutama jika keadaan ekonomi kamu sedang tidak stabil, membuat anggaran keuangan semakin diperlukan.

Selain itu, ada banyak manfaat dari membuat anggaran keuangan, seperti enam alasan bagus di bawah ini. Check this out!

1. Membantu mengontrol keuangan

Ini 6 Alasan Kenapa Membuat Anggaran Keuangan Itu Pentingunsplash.com/@rawpixel

Anggaran membantu kamu mengetahui tujuan jangka panjang dan mengusahakannya. Jika kamu hanya melayang tanpa tujuan sepanjang hidup, menggunakan uangmu untuk membeli setiap objek yang menarik perhatian, bagaimana kamu bisa menabung cukup uang untuk membeli mobil, melakukan traveling atau membayar uang muka rumah?

Anggaran memaksa kamu untuk memetakan tujuanmu, menghemat uangmu, melacak kemajuan finansial dan mewujudkan impianmu. Ketika kamu ingin membeli sesuatu yang tidak kamu perlukan, kamu akan mengingatkan diri sendiri bahwa kamu sedang menabung dan itu tidak ada dalam anggaran, maka kamu akan lebih mudah untuk berbalik dan keluar dari toko dengan tangan kosong. 

2. Memastikan kamu tidak menghabiskan uang yang tidak kamu miliki

Ini 6 Alasan Kenapa Membuat Anggaran Keuangan Itu Pentingunsplash.com/@rawpixel

Ada banyak orang menghabiskan uang yang tidak mereka miliki dengan berutang pada kartu kredit. Seharusnya kamu hidup sesuai kemampuanmu sendiri. Pada akhir bulan, jika kamu memiliki cukup uang untuk membayar tagihan dan menyimpan sebagian untuk menabung, kamu berada di jalur yang benar.

Saat ini, orang-orang yang terlalu sering menggunakan dan menyalahgunakan kartu kredit tidak selalu menyadari bahwa mereka mengeluarkan uang berlebihan sampai mereka tenggelam dalam hutang.

Namun, jika kamu membuat dan mengikuti anggaran keuangan, kamu tidak akan pernah menemukan diri kamu dalam posisi genting ini. Kamu akan tahu persis berapa banyak uang yang kamu hasilkan, berapa banyak yang mampu kamu belanjakan setiap bulan dan berapa banyak yang perlu kamu tabung. 

3. Mengarah pada pensiun yang bahagia

Ini 6 Alasan Kenapa Membuat Anggaran Keuangan Itu Pentingunsplash.com/@ugmonk

Sama pentingnya dengan menghabiskan uangmu dengan bijak, juga penting untuk menabung untuk masa depanmu. Anggaran dapat membantu kamu melakukan hal itu.

Bangun kontribusi investasi ke dalam anggaran kamu. Jika kamu menyisihkan sebagian dari penghasilanmu setiap bulan untuk dana pensiun lainnya, pada akhirnya kamu akan membangun masa depan yang bagus. Meskipun kamu mungkin harus sedikit berkorban saat ini, itu tidak akan sia-sia.

Lagi pula, kamu pasti lebih suka menghabiskan masa pensiunmu bermain golf dan melakukan perjalanan ke pantai daripada bekerja di toko kelontong setempat untuk memenuhi kebutuhan, bukan?

Baca Juga: 5 Aplikasi yang Bisa Bantu Kalian Berhemat & Mengatur Keuangan

4. Membantu mempersiapkan diri untuk keadaan darurat

Ini 6 Alasan Kenapa Membuat Anggaran Keuangan Itu Pentingunsplash.com/@rawpixel

Hidup dipenuhi dengan kejutan yang tak terduga. Misalnya ketika kamu sakit atau terluka atau hal lain yang dapat menyebabkan gejolak keuangan yang serius. Keadaan darurat ini biasanya muncul pada saat terburuk ketika kamu sudah kekurangan uang tunai.

Inilah mengapa semua orang membutuhkan dana darurat. Anggaran kamu harus mencakup dana darurat yang terdiri dari setidaknya tiga bulan biaya hidup. Uang tambahan ini akan memastikan kamu tidak terjerumus ke dalam hutang setelah ekonomi krisis.

Akan butuh waktu untuk menghemat biaya hidup tiga hingga enam bulan. Jangan gunakan sebagian besar gaji kamu untuk dana darurat. Tetapkan tujuan yang realistis dan mulai sedikit demi sedikit, dana darurat kamu perlahan-lahan akan menumpuk. 

5. Mengatur kebiasaan belanja

Ini 6 Alasan Kenapa Membuat Anggaran Keuangan Itu Pentingunsplash.com/@freestocks

Membuat anggaran memaksa kamu untuk memperhatikan kebiasaan belanjamu. Selama ini kamu mungkin menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak kamu butuhkan.

Seperti apakah kamu benar-benar menonton semua 500 saluran paket kabel tambahan yang mahal? Apakah kamu benar-benar membutuhkan 30 pasang sepatu hitam? Membuat anggaran memungkinkan kamu untuk memikirkan kembali kebiasaan pengeluaranmu dan memfokuskan kembali tujuan keuanganmu.

6. Mengurangi kekhawatiran

Ini 6 Alasan Kenapa Membuat Anggaran Keuangan Itu Pentingunsplash.com/@tjump

Mengikuti anggaran juga akan membantu kamu mendapatkan lebih banyak perhatian untuk diri sendiri. Berapa malam kamu harus mengkhawatirkan tentang bagaimana kamu akan membayar tagihan? Orang yang kurang tidur karena masalah keuangan membiarkan uang mereka mengendalikan mereka. Berbeda dengan mereka yang membuat anggaran, mereka yang mengambil kendali. Ketika kamu menganggarkan uang dengan bijak, kamu tidak akan pernah kurang tidur lagi karena masalah keuangan.

So guys itu tadi beberapa manfaat membuat anggaran keuangan, jadi tunggu apa lagi? Saatnya kamu mulai membuat anggaran!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sebenarnya Jago Mengatur Uang

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Communications student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You