Comscore Tracker

5 Tips Atur Keuangan Buatmu yang Berpenghasilan Rp5 Juta per Bulan

Bisa bikin kantong aman tiap bulan

Memiliki penghasilan terbatas memang terasa menyulitkan, terlebih di masa sekarang ini. Inflasi menyebabkan semakin tingginya harga barang dan menurunnya daya beli masyarakat. Bagi sebagian orang dengan penghasilan Rp5 juta per bulan mungkin terasa sulit untuk bisa mengatur keuangan bulanan.

Tetapi tenang, kamu bisa mencoba lima tips ampuh berikut agar kondisi keuanganmu bisa selalu aman terkendali. Yuk, simak tipsnya sebagai berikut.

1. Sisihkan dana untuk menabung terlebih dahulu

5 Tips Atur Keuangan Buatmu yang Berpenghasilan Rp5 Juta per Bulanpexels.com/Maitree R

Ini adalah hal penting pertama yang harus kamu lakukan. Uang untuk menabung harus disisihkan terlebih dahulu sebelum kamu menghabiskan untuk keperluan lain. Hal ini disebabkan karena ketika kamu sedang memegang uang banyak, kamu akan tergoda untuk mengeluarkan uang demi keperluan yang sebenarnya masih bisa untuk ditahan.

Uang tabungan bisa kamu alokasikan sebesar 20 persen dari penghasilan. Dari 20 persen tersebut juga bisa kamu pecah lagi menjadi 10 persen ditabung dan 10 persen untuk investasi.

2. Buat pengeluaran auto-debit untuk pembayaran tertentu

5 Tips Atur Keuangan Buatmu yang Berpenghasilan Rp5 Juta per Bulanunsplash.com/Michael Longmire

Langkah selanjutnya untuk mengatur keuanganmu adalah dengan mengaktifkan rekening auto-debit. Maksudnya adalah rekeningmu akan dipotong otomatis di setiap bulanannya terhadap pembayaran yang seharusnya kamu bayar.

Misal untuk pembayaran asuransi, pembayaran rekening air, listrik dan sebagainya. Biasanya akan ditagih per awal bulan untuk meminimalisir denda dan kehabisan uang di pertengahan bulan.

Baca Juga: 5 Risiko Memaksakan Diri Bergaya Mewah padahal Gaji Seadanya

3. Buat rincian kebutuhan bulanan yang harus dibeli

5 Tips Atur Keuangan Buatmu yang Berpenghasilan Rp5 Juta per Bulanunsplash.com/Sharon Mccutcheo

Membuat rincian pengeluaran bulanan itu tak kalah penting lho. Kamu harus benar-benar melihat kebutuhan apa saja yang memang harus kamu beli di setiap bulan. Bisa jadi kebutuhan dapur, kebutuhan membayar cicilan, serta hal lain yang kamu anggap penting. Ingat, kamu harus ketat dalam merinci kebutuhan tersebut agar semua bisa terpenuhi dengan baik.

4. Rinci pengeluaran tidak mendesak yang bisa dikurangi

5 Tips Atur Keuangan Buatmu yang Berpenghasilan Rp5 Juta per Bulanunsplash.com/Cathryn L

Setelah kamu merinci kebutuhan penting yang harus dipenuhi setiap bulan, selanjutnya adalah melihat kebutuhan mana yang masih bisa ditahan. Artinya, kamu tidak harus mengeluarkan uang segera untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Misalkan kamu sering nongkrong di kedai kopi untuk meminum segelas kopi seharga Rp50 ribu. Maka, kebiasaan tersebut bisa kamu ganti dengan membeli kopi dan menyeduhnya sendiri di rumah. Sudah tentu akan lebih hemat bukan?.

5. Sisihkan biaya untuk kebutuhan bersenang-senang

5 Tips Atur Keuangan Buatmu yang Berpenghasilan Rp5 Juta per Bulanpexels.com/Te lensFix

Siapa bilang penghasilan pas-pasan tidak bisa pergi liburan? Jangan salah, jika kamu bisa mengatur keuanganmu dengan baik, maka sudah tentu kamu pun bisa pergi liburan. Usahamu untuk menghemat dan mengatur keuangan bisa mendapatkan surplus dana yang bisa kamu gunakan untuk pergi bersenang-senang lho. Jadi, kamu bisa menahan untuk tidak nongkrong di kedai kopi setiap hari demi bisa liburan akhir tahun bersama teman atau keluarga tercinta.

Nah, itulah lima tips yang ampuh banget bikin keuanganmu tetap terjaga di setiap bulannya. Tetap bisa bersenang-senang dan memenuhi semua kebutuhan dengan penghasilan Rp5 juta per bulan.

Baca Juga: 6 Prinsip Simpel dalam Menabung, Tahu-tahu Terkumpul Banyak!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya