Comscore Tracker

3 Alasan Pentingnya Melakukan Simulasi Bisnis

Simulasi dapat menciptakan pengalaman langsung

Jakarta, IDN Times – Dalam menjalani bisnis, kadang apa yang menjadi ekspektasi tidak sesuai dengan realitas. Bahkan apa yang dikatakan pebisnis sukses di kelas dan buku, bisa saja tidak sesuai saat di lapangan.

Akibat hal itu, muncul berbagai faktor ketidakpastian. Oleh karenanya, perlu melakukan simulasi bisnis. Berikut adalah tiga alasan mengapa simulasi bisnis diperlukan.

Baca Juga: 5 Tips agar Bisnis Kamu Bisa Bertahan Lama, Pelanggan Selalu Setia!

1. Menciptakan pengalaman langsung

3 Alasan Pentingnya Melakukan Simulasi BisnisIlustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Simulasi bisnis memungkinkan untuk mengalami langsung situasi yang mungkin terjadi dalam melakukan aktivitas bisnis. Aktivitas ini juga akan menghasilkan risiko langsung, namun tanpa memberikan dampak di kehidupan sesungguhnya sehingga insting untuk mengenali risiko seseorang dapat dilatih.

2. Memicu kolaborasi antarindividu dan antarorganisasi

3 Alasan Pentingnya Melakukan Simulasi BisnisIlustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dengan simulasi, maka akan dapat melakukan diskusi dengan rekan-rekan secara teoritis maupun langsung saat dihadapkan pada hal-hal yang sulit. Situasi yang dimunculkan simulasi juga akan memicu untuk mengenali orang dan perusahaan seperti apa yang dibutuhkan.

Baca Juga: 9 Tips Memulai Bisnis dari Nol, Cepat Balik Modal!

3. Membuat sesi belajar jauh lebih efisien

3 Alasan Pentingnya Melakukan Simulasi BisnisIlustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Karena simulasi melibatkan partisipannya secara langsung, proses penyerapan ilmu menjadi lebih cepat, membuat proses mempelajari strategi dan situasi kompleks jauh lebih efisien. Selain itu, yang belajar pun dapat memanfaatkan waktunya secara efektif, terlebih bila jadwal mereka padat.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya