Comscore Tracker

Biar Gak Boncos, Ini 3 Cara Kelola Uang THR Bagi PNS dan Swasta

Salah satunya yaitu prioritaskan bayar utang dan investasi

Jakarta, IDN Times – Salah satu hal yang paling dinantikan para pekerja baik Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, Polri hingga karyawan swasta, di bulan Ramadan adalah Tunjangan Hari Raya (THR). Umumnya uang THR akan dibagikan dua minggu hingga tujuh hari sebelum lebaran. 

Namun, saat menerima uang THR lebih cepat, kita cenderung mengelolanya kurang bijak sehingga cepat habis. Lalu bagaimana cara mengatur uang THR agar tak cepat habis?

Berikut adalah tiga tips untuk mengatur uang THR dengan tepat agar tak cepat habis.

Baca Juga: 6 Tips Memanfaatkan THR untuk Miliki Jaminan Kesehatan 

1. Memisahkan uang

Biar Gak Boncos, Ini 3 Cara Kelola Uang THR Bagi PNS dan SwastaIlustrasi Uang Rupiah (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Dalam tayangan langsung di Instagram HappyFresh (@happyfresh_id), Ligwina Hananto, Co-Founder sekaligus Lead Financial Trainer dari QM Financial mengatakan cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatur uang THR adalah dengan memisahkan uang THR tersebut untuk tiap-tiap keperluan.

Ia menjelaskan bahwa kita perlu mempunyai rekening pengeluaran tahunan khususnya untuk hari raya. Misalnya untuk beli tiket mudik, open house, tunjangan untuk asisten rumah tangga, hampers dan lainnya.

“Selalu ingat uang itu kayak air, saat disatukan susah untuk misahinnya,” katanya dalam program Ramadan #TanpaAlasan pada 24 April tersebut.

2. Prioritaskan membayar utang dan berinvestasi

Biar Gak Boncos, Ini 3 Cara Kelola Uang THR Bagi PNS dan SwastaIlustrasi Utang (IDN Times/Mardya Shakti)

Tips selanjutnya yang perlu dilakukan saat menerima THR yaitu menghabiskannya untuk keperluan penting terlebih dulu, seperti membayar utang dan berinvestasi.

Berinvestasi bukan hanya membuat uang tetap utuh, tapi juga bisa membuatnya menjadi lebih banyak jika dilakukan dengan tepat.

“Sebaiknya lakukan pembayaran utang dan investasi. Ketika prioritasmu terpenuhi, kamu baru bisa memikirkan keinginan yang ingin dipuaskan,” jelasnya.

Baca Juga: Jadwal Pembayaran THR untuk PNS dan Swasta, Siap-siap Cek Rekening Ya

3. Bersikap realistis dan sesuaikan dengan kemampuan saat bagi-bagi THR

Biar Gak Boncos, Ini 3 Cara Kelola Uang THR Bagi PNS dan SwastaIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Ligwina mengatakan bahwa bagi-bagi THR kepada sanak saudara merupakan salah satu budaya yang lumrah di Indonesia. Sayangnya ini erat sekali hubungannya dengan gengsi, sehingga membuat orang kadang tidak memikirkan soal berapa besar dana yang sudah dikeluarkannya.

Ligwina menambahkan, tidak ada standar persentase untuk membagikan THR. Namun saat berbagi THR, jangan pernah menganggap kita harus mengikuti orang lain.

“Nanti giliran kita keteteran untuk bayar bensin dan listrik, nggak ada yang bantuin kok. Kalau orang lain ngasih angpao-nya Rp100 ribu dan kita mampunya Rp10 ribu ya nggak apa-apa dong. Jadi nggak ada ketentuan persentase dan sesuaikan kemampuan,” paparnya.

Baca Juga: 5 Tips Atur dan Kelola THR Lebih Mudah dan Bijak dengan Dompet Digital

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya