Comscore Tracker

Asuransi Kebakaran: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Penjelasan Apa itu Asuransi Kebakaran

Pada umumnya, asuransi sangat penting untuk membantu meringankan kerugian, kehilangan, serta kerusakan. Terdapat banyak jenis asuransi dan tujuan penggunaan asuransi tersebut.

Seperti salah satu asuransi yang umum digunakan yaitu Asuransi Kebakaran. Dalam ulasan ini, kami akan membahas tentang apa itu asuransi kebakaran lebih rinci, simak lebih lanjut.

Baca Juga: Profil BRI Life, Perusahaan Asuransi yang Diduga Alami Kebocoran Data

Definisi Asuransi Kebakaran

Asuransi Kebakaran: Pengertian, Fungsi dan JenisnyaPexels.com/Pixabay.com

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kebakaran adalah suatu asuransi yang memiliki pertanggungan risiko atas barang-barang yang kemungkinan akan terkena bahaya kebakaran dalam jangka waktu tertentu. Asuransi kebakaran dalam bahasa Inggris yaitu fire insurance.

Apa itu Asuransi Kebakaran

Asuransi Kebakaran: Pengertian, Fungsi dan JenisnyaPexels/Emmabauso

Untuk lebih mudah dipahami, asuransi kebakaran adalah salah satu jenis asuransi yang memiliki tanggung jawab terhadap kematian yang diakibatkan oleh kebakaran, petir, kejatuhan pesawat, gas, dan lain lain.

Selain jiwa seseorang, asuransi kebakaran juga dapat bertanggung jawab akan harta peninggalan serta harta benda seseorang. Asuransi kebakaran akan menanggung biaya kerusakan seperti biaya pemulihan kerusakan, pemadam kebakaran, pembersihan puing akibat kebakaran, dan biaya arsitek.

Seluruh biaya yang terjadi akibat adanya kebakaran telah tertera dalam Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia yang resmi dan diketahui oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Sebagian isi polis dari asuransi kebakaran menjadi bentuk perlindungan kebakaran. Jadi, kamu bisa menggunakan asuransi kebakaran sebelum terjadinya peristiwa kebakaran yang tidak dapat diprediksi atau tak terduga.

Perluasan Jaminan Khusus Asuransi Kebakaran

Asuransi Kebakaran: Pengertian, Fungsi dan JenisnyaInfosec Institute

Terkadang suatu perluasan jaminan khusus, biasanya tidak ada pada perjanjian kategori yang telah dijamin oleh asuransi kebakaran. Tetapi, kategori tersebut bisa berubah menjadi dijamin, jika kamu dan perusahaan asuransi telah membuat kesepakatan dan memasukkan ke dalam polis.

Berikut ini terdapat perluasan jaminan khusus, antara lain:

  • Invasi
  • Kekuatan militer
  • Perang saudara
  • Terorisme
  • Sabotase atau penjarahan
  • Pemberontakan
  • Revolusi
  • Kerusuhan
  • Pemogokan
  • Perbuatan jahat
  • Penghalangan kerja
  • Pengambialihan kekuasaan 

Baca Juga: Disarankan Ikut Asuransi Pertanian, Petani Kuningan Bisa Dapat Manfaat Ini

Karakteristik Asuransi Kebakaran

Asuransi Kebakaran: Pengertian, Fungsi dan Jenisnyainfowirosableng.com

Berikut ini terdapat karakteristik polis asuransi kebakaran yang membuat produk unik untuk nasabahnya dan tidak boleh diabaikan, antara lain:

- Polis satu tahun: istilah dari asuransi kebakaran yang biasanya berlaku untuk satu tahun, tetapi bisa diperbarui tergantung dengan syarat dan ketentuan yang telah terdapat dalam jadwal polis.

- Perjanjian ganti rugi: terdapat polis ganti rugi yang penanggungnya akan bertanggung jawab untuk menutupi kerugian yang telah terjadi

- Hak pribadi: jika terjadi suatu kehilangan atau kerusakan dalam situasi tidak terduga, jumlah yang telah diasuransikan akan diberikan kepada seseorang yang namanya terdapat pada dokumen polis

- Gambaran properti: ketika membeli polis asuransi kebakaran, penting untuk memberikan akun kepemilikan yang tepat. Hal ini dikarenakan setiap lokasi yang ada dalam polis, terdapat klaim yang diselesaikan ketika ada peristiwa yang tak terduga terjadi di tempat yang diasuransikan. 

Jika terdapat perubahan, maka akan diberikan pemberitahuan kepada penanggung untuk menghindari kerugian.

Alasan Mengapa Asuransi Kebakaran Penting

Asuransi Kebakaran: Pengertian, Fungsi dan JenisnyaPexels

Kecelakaan kebakaran dapat terjadi secara tak terduga dan menyebabkan kerusakan besar, serta mengalami kerugian yang tidak hanya dari segi keuangan saja, tetapi kerugian setelah kecelakaan kebakaran. Jika memiliki bisnis, terdapat kerentanan risiko terjadinya kecelakaan kebakaran yang dapat membuat bisnis menjadi hancur. 

Berikut ini terdapat berbagai alasan dari betapa pentingnya asuransi kebakaran, simak beberapa alasannya dibawah ini:

  • Polis asuransi kebakaran menyediakan perlidungan terhadap berbagai kerusakan yang disebabkan karena ledakan api yang diakibatkan oleh barang bergerak atau barang yang tidak bergerak
  • Polis asuransi kebakaran meliputi properti yang rusak, seperti kerusakan yang terjadi pada gedung kantor, perabotan, mesin, dan lain lain yang disebabkan oleh wabah kebakaran
  • Selain bahaya terkait kebakaran, polis asuransi kebakaran juga meliputi kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam, ledakan, meledaknya tangki air, dan lain lain

Cara Kerja Asuransi Kebakaran

Asuransi Kebakaran: Pengertian, Fungsi dan Jenisnyaruangfreelance.com

Asuransi kebakaran akan melindungi pemegang polis dari kejadian yang menyebabkan kehilangan atau kerusakan akibat kebakaran dari berbagai sumber penyebabnya. Biasanya penyebab timbulnya api, dikarenakan listrik yang salah kabel dan ledakan gas, serta kebakaran yang disebabkan oleh petir dan bencana alam lainnya.

Selain itu, polis asuransi kebakaran juga dapat melindungi kamu dari kerusakan yang disebabkan oleh tangki atau pipa air yang pecah dan meluap. 

Sebagian polis memberikan perlindungan kepada nasabahnya, baik api berasal dari dalam ataupun berasal dari luar rumah. Batas pertanggungan dari asuransi kebakaran tergantung dari penyebab kebakaran, polis akan mengganti kerugian berdasarkan nilai tunai aktual (ACV) dasar untuk kerusakan.

Baca Juga: Perlukah Ibu Rumah Tangga Miliki Asuransi? Ini Jawabannya

Itulah ulasan mengenai asuransi kebakaran yang penting untuk kamu ketahui dan pahami. Setelah membaca ulasan ini hingga selesai, bagaimana menurut kamu mengenai asuransi kebakaran?

Topic:

  • Rinda Faradilla

Berita Terkini Lainnya