Comscore Tracker

Franc: Pengertian, Asal Usul, dan Penggunaanya

Penjelasan Apa itu Franc

Banyak di antara pembaca mungkin belum sepenuhnya mengenali apa itu Franc dan seperti apa rupanya. Namun berbeda dengan orang-orang yang terbiasa bepergian ke luar negeri terutama ke negara perancis, tentu cukup familiar dengan hal yang satu ini.

Tentu menarik mendapatkan informasi mengenai hal yang satu ini, setidaknya dapat membantu untuk menambah wawasan mengenai hal terkait franc. Lebih lanjut simak beberapa fakta menarik tentang apa itu franc dan berbagai informasi fakta yang lainnya.

Baca Juga: Bantuan Kemanusiaan, Inggris Tambah 29 Juta Euro untuk Ethiopia

1. Pengertian apa itu Franc

Franc: Pengertian, Asal Usul, dan PenggunaanyaPixabay

Untuk yang tidak mengerti dengan istilah yang satu ini, sebenarnya hal ini cukup mudah dan dapat ditemukan bagi para pebisnis yang biasa bepergian hingga ke area Eropa. Karena sesungguhnya franc ini merupakan salah satu nama mata uang yang pernah dipakai di jamannya oleh sebagian negara tertentu.

Lebih tepatnya franc merupakan mata uang negara Perancis, namun juga digunakan pada negara-negara pendukung di sekitarnya yang berlokasi di Eropa. Beberapa negara tersebut antara lain Swiss, Belgia, dan bahkan hingga beberapa negara di Afrika.

2. Asal usul Franc

Franc: Pengertian, Asal Usul, dan Penggunaanyapixabay.com/Firstian Azrul Akbar

Tentu sangat menarik mengetahui bagaimana sejarah dari mata uang yang satu ini. Menurut sejarahnya Franc ini berasal dari sebuah prasasti latin yang dikenal dengan sebutan Francorum Rex, yang mana berarti sebuah kejujuran.

Pastinya cukup unik saat memutuskan penggunaan nama franc sebagai salah satu mata uang di dunia saat itu, mulai dari Franc Perancis, Franc Swiss, dan negara-negara lain yang menggunakannya. Sayang sekali saat ini Franc sudah tidak lagi digunakan namun digantikan oleh mata uang lainnya.

3. Penggunaan Franc

Franc: Pengertian, Asal Usul, dan Penggunaanyapixabay/Capri23auto

Sebagai salah satu mata uang yang dipakai pada beberapa negara di jamannya, tentu saja franc ini berguna dan bermanfaat sebagai salah satu nilai tukar di perdagangan. Tidak hanya untuk perdagangan di dalam negeri saja, melainkan juga digunakan pada perdagangan internasional contohnya pada pasar bursa valuta asing.

Munculnya franc dalam bursa valuta asing ini tentu saja bukan hal yang mengejutkan untuk sekelas mata uang yang banyak digunakan oleh negara-negara besar di dunia. Seperti misalnya baik Perancis atau Swiss yang memang terkenal sebagai negara yang berkembang dan maju sehingga membuat nilai tukar franc sendiri di pasar bursa cukup mendapat respon yang positif.

4. Simbol Franc

Franc: Pengertian, Asal Usul, dan PenggunaanyaPexels.com/AlexanderMils

Fakta menarik lainnya yang tentu ingin diketahui yaitu seperti apa simbol franc, terutama yang tercantum di dalam mata uang itu sendiri. Maklum saja karena generasi saat ini bisa jadi sudah tidak pernah melihat penampakan dari mata uang tersebut karena tidak lagi dipergunakan.

Simbol franc sendiri cukup unik dan bila mengetahuinya maka selanjutnya akan cukup mudah untuk mengetahuinya. Simbol tersebut dilambangkan dengan F ata Fr, sehingga jika menemukan mata uang dengan awalan huruf ini artinya negara tersebut menggunakan mata uang dengan basis franc.

Baca Juga: MUI Haramkan Mata Uang Kripto, Ini Respons Kepala Bappebti 

5. Nilai tukar dalam Franc

Franc: Pengertian, Asal Usul, dan Penggunaanyapixabay.com/Maklay62

Adapun franc memiliki berbagai macam nilai tukar yang beraneka ragam jika dibandingkan dengan mata uang yang lainnya. Misalnya jika dilihat terhadap dollar, atau dilihat pada mata uang Indonesia yaitu rupiah.

Saat di jaman penggunaan dahulu, nilai mata yang franc ini dapat mencapai nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan dollar. Seperti saat ini tercatat satu Swiss Franc dikatakan di pasar valuta asing mencapai nilai sebesar 1.1 USD atau jika dirupiahkan nilainya lebih dari 15 ribu rupiah.

6. Penggantian Franc ke Euro

Franc: Pengertian, Asal Usul, dan PenggunaanyaPexels

Pada tahun 1999 sebagian besar negara di Eropa memutuskan untuk menggunakan mata uang bersama yang disebut dengan Euro, sehingga hal ini secara tidak langsung menggeser mata uang franc dari beberapa negara. Tercatat bahwa Perancis juga pada akhirnya memutuskan untuk menggeser franc dan berakhir dengan menggunakan Euro.

Kenyataan ini membuat negara pengguna franc di dunia makin sedikit. Namun demikian tidak berarti mampu menurunkan nilainya di pasar valuta asing dunia.

7. Kisah akhir penggunaan Franc

Franc: Pengertian, Asal Usul, dan PenggunaanyaPexels/cottonbro

Hingga saat ini pada akhirnya ada beberapa negara yang masih setia menggunakan franc sebagai mata uangnya. Namun tentu saja tidak sebesar saat masih digunakan sebelum masa Euro dikeluarkan.

Pada akhirnya beberapa mata uang franc yang pernah digunakan di masa lalu menjadi salah satu bagian dari peninggalan sejarah budaya. Seperti misalnya franc Perancis yang banyak dikoleksi oleh para kolektor uang di dunia.

Baca Juga: Hari Keuangan Nasional, Sejarah Lahirnya Mata Uang Indonesia

Itulah beberapa fakta menarik tentang apa itu franc mulai dari pengertian, tujuan, hingga penggunaan dan sejarah lain terkait mata uang franc tersebut. Dengan mendapatkan informasi di atas tentu pengetahuan secara umum dapat meningkat juga.

Meskipun saat ini tidak banyak lagi yang menggunakan mata uang ini di negara asalnya, setidaknya mata uang tersebut pernah dikenal masyarakat. Pastinya hal ini menjadi pengetahuan serta informasi yang cukup baik dan berharga.

Topic:

  • Rinda Faradilla

Berita Terkini Lainnya