Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Isi Dompet Bagi Kamu yang Suka Ngemil

Perut kenyang, dompet juga aman

Salah satu faktor uang kita sering habis dikarenakan hobi membeli cemilan secara berlebihan. Apalagi, saat ini bukanlah hal yang sulit untuk memesan makanan, hanya tinggal klik makannya yang kita inginkan sudah akan langsung sampai di depan rumah. Belum lagi sekarang kita harus berada di dalam rumah, sudah pasti cemilan adalah hal yang wajib dimiliki agar merasa tidak bosan.

Jika dibiarkan terus-menerus, bukan tidak mungkin isi dompet kita akan habis sebelum bisa membiayai keperluan lain yang jauh lebih penting. Oleh karena itu, agar kamu tidak kebablasan dalam membeli cemilan, berikut adalah 5 tips yang bisa kamu praktikkan. 

1. Kontrol dirimu untuk tidak belanja cemilan secara berlebihan

5 Tips Menjaga Isi Dompet Bagi Kamu yang Suka NgemilUnsplash.com/Javier Molina

Kunci utama agar pengeluaranmu bisa terkontrol dengan baik adalah dengan kontrol diri. Jika kamu sudah bisa mengontrol dirimu dengan baik, maka kamu tidak perlu khawatir terhadap jumlah pengeluaranmu.

Masalahnya, banyak orang yang sering kalap membeli cemilan karena mereka tidak bisa mengontrol dirinya dengan baik. Oleh karena itu, berlatihlah untuk bisa mengalahkan keinginanmu untuk membeli cemilan yang berlebihan. Meskipun sulit, bukan berati kamu tidak akan bisa melakukannya. 

2. Jangan terlalu sering melihat produk makanan yang diskon 

5 Tips Menjaga Isi Dompet Bagi Kamu yang Suka NgemilUnsplash.com/Christin Hume

Meskipun membeli makanan diskon bisa menekan jumlah pengeluaranmu, bukan berarti kamu bisa membeli cemilan sebanyak-banyaknya. Jangan terjebak dengan kata diskon! Belilah cemilan sesuai dengan kebutuhanmu, jangan sampai makanan tersebut harus terbuang dengan percuma. 

3. Tak ada salahnya untuk mencoba memasak cemilan sendiri 

5 Tips Menjaga Isi Dompet Bagi Kamu yang Suka NgemilUnsplash.com/Nadya Spetnitskaya

Dariapada kamu terus-menerus membeli cemilan, tak ada salahnya untuk mencoba memasak cemilanmu sendiri, bukan? Selain harganya yang lebih murah, kamu juga akan lebih tahu tentang kualitas dan kebersihannya. 

Kebanyakkan orang tidak membuat cemilan sendiri dikarenakan adanya rasa malas. Oleh karena itu, buang rasa malas yang kamu miliki sejauh mungkin. 

Baca Juga: Biar Dompet Gak Bolong, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Isi Weekend-mu

4. Kalau sudah jago memasak cemilan sendiri, kamu bisa menjualnya ke teman atau saudara

5 Tips Menjaga Isi Dompet Bagi Kamu yang Suka NgemilUnsplash.com/Stefan Johnson

Nah, kalau kamu sudah merasa jago memasak cemilan sendiri, tak ada salahnya untuk menawarkan cemilan buatanmu kepada teman ataupun saudara. Siapa tahu, yang tadinya hanya hobi ngemil, kamu justru bisa membuka ide bisnis. Selain perut kenyang, isi dompet kamu pun akan tetap aman. 

5. Tetapkan budget dan waktu untuk membeli cemilan

5 Tips Menjaga Isi Dompet Bagi Kamu yang Suka NgemilUnsplash.com/Kaylah Otto

Jika kamu ingin membeli cemilan, usahakan untuk selalu membuat budget dan jangan lupa untuk menetapkan waktu belanja cemilan dengan baik. Ingat ya, jangan sampai budget untuk membeli cemilan, justru lebih banyak daripada budget untuk membeli keperluan yang harus didahulukan. 

Selain itu, tegaslah terhadap dirimu sendiri agar tidak melanggar budget yang telah dibuat.

Membeli cemilan bukanlah hal yang salah, kamu boleh saja membeli cemilan yang kamu sukai. Tapi, jangan lupa untuk bisa mengontrol uang yang dikeluarkan. Lagipula, membeli cemilan yang berlebihan tak hanya akan membuat uang kamu menipis, melainkan berat badan dan kesehatanmu pun akan terkena dampaknya juga. 

Baca Juga: 5 Tips Cerdas agar Tetap Hemat Nongkrong di Kafe, Dompet Tetap Aman!

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya