Comscore Tracker

Terapkan 5 Hal Ini agar Cepat Mandiri Secara Finansial, Baik Untukmu!

Kamu bisa membangun kemandirian finansial sejak dini

Kamu dikatakan bisa mandiri secara finansial saat kamu tidak lagi bergantung pada penghasilan yang diberikan oleh orangtua, wali atau anggota keluargamu yang lainnya untuk kebutuhan hidupmu. Kamu bahkan sudah bisa mengatur sendiri keuanganmu, termasuk memenuhi kebutuhan dasarmu dan membayar sendiri pengeluaranmu sehari-hari, bulanan, hingga tahunanmu. Mulai dari merencanakan keuangan jangka pendek dan panjang untuk masa depanmu juga bisa kamu lakukan dengan baik.

Nah, jangan pernah berpikir bahwa mandiri secara finansial tidak bisa dilakukan sejak dini. Karena walau usiamu saat ini masih muda, kamu juga bisa mandiri secara finansial selama kamu bisa mengatur keuanganmu dengan baik dan tepat. Kamu bisa menerapkan lima hal ini agar membantumu cepat mandiri secara finansial.

1. Memiliki penghasilan tetap yang dapat kamu andalkan

Terapkan 5 Hal Ini agar Cepat Mandiri Secara Finansial, Baik Untukmu!ilustrasi bekerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Hal utama yang penting harus kamu lakukan adalah memiliki penghasilan tetap. Di mana penghasilan tersebut harus pasti kamu dapatkan secara stabil sehingga dapat kamu andalkan untuk memenuhi kebutuhanmu. Dengan begitu kamu bisa menghidupi dirimu sendiri karena kamu sudah mandiri secara finansial dari pendapatan yang kamu miliki.

Kemudian atur keuanganmu dengan berpatokan dari penghasilan tetap tersebut. Usahakan untuk bisa mengendalikan pengeluaranmu agar bisa hemat, sehingga kamu bisa menabung sedikit demi sedikit dari penghasilan tetapmu. Jangan sampai baru pertengahan bulan kamu sudah kehabisan uang karena tidak bisa mengendalikan keinginan konsumtifmu untuk belanja. 

2. Cari penghasilan tambahan dengan memanfaatkan waktu senggang yang kamu miliki

Terapkan 5 Hal Ini agar Cepat Mandiri Secara Finansial, Baik Untukmu!ilustrasi kerja sampingan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Saat ada waktu senggang, manfaatkan hal tersebut untuk mencari tambahan penghasilan demi menambah pundi-pundi keuanganmu agar bisa lebih cepat mandiri secara finansial. Misalnya dengan bekerja paruh waktu atau freelance. Yang terpenting jangan sampai menganggu rutinitas pekerjaan utamamu sehingga terbengkalai.

Agar bisa mematik semangatmu untuk mencari tambahan penghasilan, kamu juga bisa memanfaat bakat dan hobi yang kamu sukai. Karena hal tersebut juga menghasilkan uang. Misalnya kamu hobi melukis, kamu bisa menjual lukisanmu atau kamu hobi memotret maka kamu bisa menjadi fotografer freelance. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk mengembangkan bakat dan hobi yang kamu miliki karena bisa menjadi tambahan penghasilan untuk dirimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Zodiak dengan Finansial Kurang Bagus September 2022, Terlalu Boros!

3. Melakukan investasi

Terapkan 5 Hal Ini agar Cepat Mandiri Secara Finansial, Baik Untukmu!ilustrasi investasi (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Tidak ada salahnya melakukan investasi sekalipun kamu berada di usia muda. Karena investasi bisa memberikan banyak manfaat untukmu. Yang pertama bisa bermanfaat sebagai penghasilan tambahan untukmu. Yang kedua bisa membantumu membangun kesejahteraan secara finansial untukmu ke depannya.

Yang ketiga sebagai persiapan masa pensiunmu. Oleh karena itu lakukan investasi dengan benar dan tepat agar dapat membantumu meningkatkan kualitas hidupmu hingga memberikan kebebasan finansial saat kamu berhasil melakukannya. Dengan begitu akan cepat membantumu segera mandiri secara finansial sesuai dengan keinginanmu. 

4. Mengelola anggaran keuanganmu dengan sebaik mungkin

Terapkan 5 Hal Ini agar Cepat Mandiri Secara Finansial, Baik Untukmu!ilustrasi mengelola anggaran (pexels.com/Karolina Grabowska)

Agar kamu bisa lebih cepat mandiri secara finansial, maka kamu perlu mengelola anggaran keuanganmu dengan sebaik mungkin. Sehingga pengeluaran yang kamu lakukan tidak akan melebihi pendapatanmu. Kamu bisa mengelola anggaran keuanganmu dengan memperhitungkan gaji yang maju dapatkan, biaya hidup yang kamu keluarkan, pembayaran cicilan utang yang kamu miliki dan dana tabungan.

Kemudian berikan batasan yang jelas saat kamu mengalokasikan anggaranmu ke dalam kebutuhan hidup, keinginan membeli barang dan tujuan keuangan yang ingin kamu capai. Sehingga kamu akan lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang yang kamu miliki karena kamu sudah memiliki aturan yang harus kamu taati dan goal yang ingin kamu raih, yaitu mandiri secara finansial. Semakin baik kamu mengelola anggaran yang kamu miliki maka akan membantumu agar semakin cepat mandiri secara finansial. 

5. Miliki asuransi dan sisihkan uang untuk tabungan pensiun

Terapkan 5 Hal Ini agar Cepat Mandiri Secara Finansial, Baik Untukmu!ilustraai menabung (pexels.com/Joslyn Pickens)

Memiliki asuransi dan menyisihkan uang untuk tabungan pensiun dapat kamu rencanakan sejak sekarang. Hal tersebut perlu kamu lakukan sejak dini agar kamu bisa sejahtera di masa tuamu. Hal tersebut merupakan kemandirian secara finansial yang perlu kamu pikirkan untuk kehidupanmu ke depannya. Jangan pernah berpikir bahwa itu bisa kamu lakukan nanti sehingga akhirnya kamu terus menundanya.

Padahal memiliki asuransi dan menyisihkan uang untuk tabungan pensiun sejak awal merupakan cara yang dapat kamu lakukan agar di hari tua kamu sudah memiliki jaminan secara finansial untuk dirimu sendiri. Jika seandainya kamu pensiun dini, maka kamu sudah ada persiapan karena sudah memiliki asuransi dan tabungan untuk masa pensiun yang sudah kamu persiapkan jauh-jauh hari. Selain itu, kamu juga tidak akan menyusahkan orang lain karena harus menanggung beban hidupmu karena saat tua nanti kamu sudah tidak lagi produktif untuk bekerja mencari uang.

Menciptakan kemandirian secara finansial sejak dini perlu kamu lakukan demi kebaikan dirimu sendiri. Semakin cepat kamu mandiri secara finansial, maka semakin kamu bisa bertanggung jawab terhadap dirimu sendiri. Kamu juga dapat meringankan beban orang tua, wali atau anggota keluargamu yang selama ini menanggung biaya hidupmu. Nah lima hal di atas dapat membantumu agar lebih cepat mandiri secara finansial. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Finansial di Usia 40, Hindari Sebelum Menyesal

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya